Pengertian Makanan Sehat dan Bergizi Tinggi

No comment 25194 views

Makanan merupakan bahan, berasal dari tumbuhan atau hewan yang dikonsumsi oleh manusia dan makhluk hidup lainnya untuk bertahan hidup, menambah nutrisi dan energi. Makanan yang dibutuhkan oleh manusia adalah makanan yang didapatkan dari hasil pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan sumber daya alam lainnya.

Makanan yang kita konsumsi setiap harinya mengandung unsur atau senyawa, seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, enzim dan lain sebagainya. Ada 2 kategori makanan yang bisa kita konsumsi setiap hari, makanan sehat atau makanan tidak sehat.

Makanan sehat diolah dengan menggunakan bahan dan bumbu dapur yang segar dan berkualitas baik yang mana baik untuk tubuh sedangkan makanan tidak sehat merupakan makanan yang diolah dengan bahan makanan dan bumbu dapur yang kurang berkualitas. Selengkapnya mengenai pengertian makanan sehat dan contoh-contoh makanan yang sehat atau tidak sehat bisa Anda simak di bawah ini:

Pengertian Makanan dan Minuman Sehat

Apa itu makanan dan minuman sehat?

Pengertian makanan dan minuman sehat secara sederhana adalah makanan dan minuman yang memiliki tiga kegunaan, yakni berperan sebagai zat pembangun, kedua berperan sebagai zat pengatur dan ketiga berperan seabgai zat tenaga. Di Indonesia, makanan serta minuman sehat biasa dipanggil Empat Sehat Lima Sempurna.

pengertian-makanan-minuman-sehatKategori makanan sehat

Tubuh membutuhkan makanan untuk bertahan hidup dan makanan pokok yang setiap hari kita konsumsi terdiri dari beberapa jenis, seperti nasi, jagung, kentang, gandum, oatmeal, umbi-umbian dan masih banyak lagi. Untuk teman karbohidrat, Anda bisa mengkonsumsi lauk pauk yang kaya akan protein, seperti tempe, tahu, daging, telur, ikan dan lain sebagainya.

Agar pencernaan lancar, Anda membutuhkan sayur mayur yang kaya akan serat dan antioksidan, seperti sayur kangkung, sayur bayam, terong dan masih banyak lagi. Lengkapi dengan makanan pencuci mulut, yaitu buah apel, buah markisa dan juga susu.

Contoh Makanan Tidak Sehat

Kategori makanan tidak sehat

Banyak sekali makanan yang termasuk dalam contoh makanan tidak sehat, mengapa bisa sampai disebut sebagai makanan tidak sehat? karena makanan itu tidak memiliki fungsi yang baik untuk tubuh melainkan bisa merusak tubuh secara perlahan-lahan, beberapa makanan yang diolah dengan cara tidak benar bisa menjadi makanan yang tidak sehat.

Makanan yang tidak sehat adalah makanan yang diolah dari bahan makanan yang tidak sehat atau sudah basi, makanan yang diolah dengan bumbu yang tidak sehat, memakai minyak goreng jelantah yang tidak sehat untuk menggoreng dan memakai pewarna pakaian untuk mewarnai makanan. Banyak sekalli contoh makanan yang tidak sehat, seperti makanan pinggir jalan yang kurang bersih dan belum tentu sehat dan makanan cepat saji.

Sedangkan contoh makanan sehat dan bergizi bisa kita lihat di rumah. Rumah adalah tempat terbaik yang menjanjikan keamanan dan kenyamanan. Anda bisa membuat makanan sehat sendiri di rumah yang semua bahannya disiapkan berdasarkan kebutuhan Anda.

Pengertian makanan sehat dan bergizi

Makanan sehat dan memiliki nilai gizi akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan kuat, berbeda bila kita mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan tidak bergizi, justru tubuh akan menjadi sakit dan mudah lelah.

Pengertian makanan sehat perlu dikaji lagi dengan lebih banyak, sehingga masyarakat bisa benar-benar memahami, pengertian dari makanan yang sehat dan makanan yang tidak sehat berikut dengan masing-masing contohnya. Makanan yang sehat dan bergizi akan membawa kita pada kehidupan yang lebih baik, memperpanjang usia dan membuat kita selalu terlihat segar.

Related Post

<============================================>
No Response

Leave a reply "Pengertian Makanan Sehat dan Bergizi Tinggi"