penyakit lupus dan sebab-sebab yang menimbulkannya

Kita mungkin pernah tahu tentang “lupus”, ya lupus adalah tokoh cerpen yang popular di tahun 90-an , terutama di kalangan anak-anak muda. Akan tetapi lupus yang satu ini bukan tentang tokon cerpen itu, melainkan tentang penyakit yang lambat laun sedikit banyak yang mengindap penyakit ini di sekitar kita. Yang jadi pertanyaan kita adalah apa itu penyakit lupus dan apa yang jadi sebab-sebab penyakit lupus itu sendiri, dan apakah penyakit ini bisa di sembuhkan atau tidak.

penyakit lupus dan sebab-sebab yang menimbulkannya

penyakit lupus dan sebab-sebab yang menimbulkannya

Penyakit Lupus / Lupus eritematosus sistemik (SLE) merupakan suatu penyakit autoimun, artinya ia merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena sistem kekebalan tubuh merusak tubuhnya sendiri. Secara umum organ-organ yang di serang oleh penyakit lupus ini meliputi :

  • Darah
  • Ginjal
  • Kelainan imunologik
  • Sendi, tulang dan otot
  • Saraf
  • Jantung dan paru
  • Kulit
  • berbagai radang selaput tubuh
  • kelainan pada selaput lendir mulut

Penyakit ini dapat berwujud / bermanifestasi dengan sangat beragam karena ia dapat menyerang berbagai organ tubuh, sehingga manifestasinya juga sesuai dengan organ tubuh mana saja yang terkena, tentunya dengan tingkat berat penyakit yang beragam ada yang hanya muncul dengan gejala ringan, sedang, sampai berat bahkan dapat menyebabkan kematian.

Sebab-sebab penyakit lupus

Sebab-sebab Penyakit lupus di kategorikan dalam 3 hal berdasarkan organ yang di serang, yaitu :

  1. Lupus eritematosus sistemik (SLE)

Lupus jenis ini dapat menyerang organ tubuh mana saja, dengan tingkatan gejala dari yang paling ringan hingga kondisi yang berat, dan secara gejala bisa terjadi dengan tiba-tiba atau dengan perkembangan yang perlahan tapi lama kelamaan akan di rasakan oleh si penderita lupus ini, yaitu berupa rasa nyeri dan lelah yang berkepanjangan.

  1. Lupus eritematosus discoid (DLE)

Jenis penyakit lupus ini secara umum hanya menyerang kulit saja, akan tetapi jika tidak di tangani akan bisa menyerang organ lainnya. DLE ini bisa di tangani dengan cara menghindari paparan sinar matahari secara langsung maupun konsumsi obat-obatan. Gejala awal DLE ini antara lain, rambut mengalami kerontokan, rambut timbul pitak secara permanen, ruam pada bagian kulit seperti sisik yang terkadang akan terasa bebal dan akan timbul luka nantinya

  1. Lupus akibat penggunaan obat

Penyakit lupus ini di akibatkan karena efek pengunaan obat-obatan. Untuk effeknya akan berbeda-beda setiap orang yang terkena. Penyakit ini akan hilang ketika obat sebagai pemicu penyakit lupus ini berhenti di konsumsi dan di lakukan pengobatan ke dokter.

Untuk itu konsultasi ke dokter merupakan awal yang baik untuk penanganan akan sebab-sebab penyakit lupus yang anda derita dan memulai program penanganan penyakit lupus merupakan awal yang baik bagi anda yang menderita. Karena cara pengobatan lupus sampai saat ini masih dalam tahap penanganan untuk menurunkan gejala-gejala penyakit lupus yang di derita pasien, dan belum sampai pada tahap penyembuhan. Semoga informasi ini membantu.

Related Post

<============================================>
No Response

Leave a reply "penyakit lupus dan sebab-sebab yang menimbulkannya"