Penyebab Kanker Rahim Pada Wanita dan Gejalanya

Walaupun tidak ditemukan secara konkret apakah penyebab kanker rahim, namun ada beberapa faktor yang ditengarai menjadi pemicu dari pertumbuhan serta perkembangan sel-sel kanker di dalam rahim.

Bagaimana pun kanker rahim merupakan penyakit yang berbahaya dan membahayakan untuk para wanita dan patut untuk diwaspadai karena dari begitu banyaknya jenis kanker, kanker rahim merupakan jenis kanker selain kanker payudara yang beresiko besar dialami oleh para wanita yang mengakibatkan kematian.

Anda yang ingin hidup sehat di masa depan harus memahami dengan sangat baik mengenai berbagai macam penyakit berbahaya yang beresiko tinggi dialami oleh wanita, termasuk memahami dengan baik berbagai macam penyebab dari kanker rahim sebagai berikut ini.

Penyebab Kanker Rahim Pada Wanita

Obesitas

penyebab-kanker-rahim-gejalanyaPenyebab kanker rahim pada wanita yang sebenarnya masih bisa dicegah adalah obesitas. Obesitas bisa terjadi pada siapa saja bahkan pada balita, obesitas atau berat badan yang melebihi batasnya akan membawa pengaruh buruk bagi kesehatan tubuh seseorang, menjadi lebih cepat lelah dan sakit, penyakit lebih mudah masuk dan menyerang kesehatan tubuh, tidak terkecuali dengan penyakit kanker rahim.

Wanita dengan tubuh gemuk akan membuat rahim mengalami penyempitan karena rahim tertimbun dan terdesak oleh lemak yang ada di dalam tubuh sehingga hormon yang seharusnya diproduksi oleh tubuh dengan baik menjadi tidak seimbang.

Penyebab Kanker Rahim dan Gejalanya

Terapi hormon yang disebabkan oleh kanker dada

Penyebab kanker rahim dan gejalanya antara lain karena terapi hormon yang disebabkan oleh kanker dada. Anda yang pernah mengalami penyakit kanker dada yang saat ini sedang menjalani dan mendalami perwatan dengan melakukan suntik hormon dengan menggunakan obat tamoxifen, maka berpotensi besar akan memicu pertumbuhan dan perkembangan sel-sel kanker rahim. Sebaiknya Anda membicarakan mengenai kemungkinan ini dengan dokter Anda dan pastikan selalu memeriksakan diri ke rumah sakit.

Penyebab Kanker Rahim dan Pencegahannya

Faktor genetika

Penyebab kanker rahim dan pencegahannya yang tidak bisa dihindari oleh para wanita adalah faktor genetika. Apabila ibu, nenek atau saudara dekat Anda pernah mengalami kanker rahim, maka sebagai keturunan Anda beresiko sangat tinggi untuk juga mengalami kanker rahim. Hal ini bisa disebut dengan Hereditary nonpolyposis colorectal cancer yakni sindrom yang akan meningkatkan resiko pada kanker usus besar dan kanker rahim.

Perubahan keseimbangan hormon

Kanker rahim juga bisa disebabkan oleh perubahan keseimbangan hormon. Tubuh wanita terdapat hormon wanita, yakni hormon estrogen serta hormon progesterone, dimana perubahan hormon di dalam tubuh menimbulkan perubahan lapisan endometrium rahim. Apabila tubuh berada dalam kondisi dimana menekan hormon progesterone serta meningkatkan produksi hormon estrogen, tubuh akan memberikan kesempatan kanker endometrium untuk lebih berkembang.

Waktu menstruasi

Lamanya waktu menstruasi ternyata memberikan pengaruh bagi kesehatan rahim wanita. Apabila Anda memulai siklus menstruasi lebih dini dalam usia dini, sebelum 12 tahun atau mengalami masa menopause yang lamabat, akibatnya tubuh Anda akan berpotensi menumbuhkan dan mengembangkan penyakit kanker rahim.

Tidak pernah hamil

Penyebab kanker rahim yang mungkin tidak Anda ketahui adalah tidak pernah hamil. Rahim ada di dalam tubuh, tujuannya untuk mempersiapkan tempat bagi para wanita untuk hamil. Sehingga jika rahim tidak pernah digunakan dengan kata lain jika wanita tidak pernah hamil maka resiko pertumbuhan dan perkembangan kanker rahim menjadi lebih tinggi. Selain itu, semakin bertambahnya usia wanita, maka semakin tinggi pula resiko terkena kanker rahim, hal ini bisa saja terjadi karena disebabkan oleh tubuh yang mengalami menopause serta kondisi rahim yang sudah tua.

Related Post

<============================================>
No Response

Leave a reply "Penyebab Kanker Rahim Pada Wanita dan Gejalanya"