Penyebab Sakit Gigi Kambuh Lagi

No comment 1816 views

Banyak penyebab kenapa sakit gigi bisa kambuh lagi, bahkan lebih sakit dan terasa ngilu. Sakit gigi dapat disebabkan karena berbagai faktor, misalnya karena gigi berlubang. Faktor utama penyebab sakit gigi kambuh lagi adalah kurang menjaga kebersihan gigi. Gigi yang kotor, terutama karena bekas makanan, akan lebih mudah terinfeksi bakteri sehingga efeknya terasa ngilu.

Penyebab Sakit Gigi Kambuh Lagi

Penyebab Sakit Gigi Kambuh Lagi

Sakit gigi memang mengganggu, apalagi jika terjadi pada bagian belakang, gigi geraham. Tidak banyak pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengobati sakit gigi secara permanen, karena gigi bertekstur seperti tulang. Tidak seperti bagian tubuh lain yang memang bisa diobati dengan berbagai cara. Gigi membutuhkan perawatan berbeda, bahkan pada kasus yang ekstrim, pencabutan gigi perlu dilakukan.

Proses pencabutan gigi tidak bisa dilakukan secara sembarangan, apalagi untuk gigi bagian atas. Pada gigi bagian atas terdapat sambungan berupa saraf-saraf yang langsung terhubung pada otot dan otak. Sehingga akan sangat beresiko jika hal ini dilakukan tanpa bantuan medis yang tepat. Untuk lebih mengetahui tentang penyebab sakit gigi kambuh lagi, simak informasi berikut.

Penyebab dari luar

Makanan dan minuman

Beberapa orang merasakan sensasi berbeda ketika makanan masuk ke mulut. Respon ini langsung akan dirasakan oleh gigi, karena berhubungan langsung dengan aktifitas mengunyah. Makanan yang manis seperti coklat atau minuman dingin dapat menyebabkan sakit gigi kambuh lagi.

Kebersihan

Banyak orang malas menjaga kebersihan gigi terutama setelah memakan sesuatu, hal ini sebaiknya Anda hindari. Menjaga kebersihan gigi kadang dirasa sangat sulit walaupun sebenarnya sangat mudah. Sisa makanan dapat menyebabkan bakteri berkumpul dan berakumulasi.

Hiasan gigi

Kawat yang terpasang di gigi akan membuat penggunanya nampak indah. Itu pun kalo dilakukan sesuai dengan prosedur anjuran dokter gigi. Pemasangan kawat gigi secara illegal dan sembarangan justru akan memicu sakit gigi kambuh lagi.

Cara sikat gigi yang tidak benar

Membersihkan gigi dengan cara menyikat juga ada aturannya. Menyikat gigi secara sembarangan justru akan merusak email gigi yang berfungsi sebagai pelindung gigi. Juga, pilihlah sikat gigi sesuai dengan kontur gigi Anda, karena akan mengurangi resiko gigi terkikis.

Penyebab dari dalam

Gigi tumbuh

Kelainan pertumbuhan gigi dapat terjadi saat remaja. Pertumbuhan gigi yang tidak wajar ini akan mengakibatkan dorongan kepada gigi bagian terluar. Sensasi sakit yang dirasakan akan terasa seperti berdenyut.

Gigi keropos

Gigi keropos terjadi saat lapisan pelindung pertama, yaitu email, gigi telah rusak. Ketika email gigi telah rusak, maka terbuka celah yang dapat merusak dentin gigi. Jika tahap kerusakan sudah mencapai dentin, maka sensasi ngilu akan dirasakan.

Gigi retak

Keretakan pada gigi dapat disebabkan berbagai cara, utamanya karena lubang yang dibiarkan dan tidak segera diobati. Celah pada retakan kemudian dimanfaatkan oleh bakteri dan kuman untuk masuk.

Gusi bengkak

Gusi bengkak dapat terjadi karena peradangan, ditandai dengan warna kemerahan dan kadang mengeluarkan nanah. Gusi bengkak akan menyebabkan rasa ngilu yang sangat hingga sensasinya terasa menjalar ke gigi.

Sebagai kesimpulan, tindakan pencegahan adalah hal terpenting yang harus dilakukan demi menghindari sakit gigi terjadi. Namun apabila tindakan ini sudah dilakukan dan ternyata gigi masih terasa sakit, adalah hal yang jika Anda membawa permasalan ini ke tempat yang tepat untuk mendapatkan petunjuk tentang penyebab sakit gigi kambuh lagi.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Penyebab Sakit Gigi Kambuh Lagi"