Penyebab Sakit Jantung Bengkak, Gejalanya dan Pengobatannya

Pembengkakan atau pembesaran yang terjadi pada organ jantung menunjukkan jika ada gangguan kesehatan pada jantung Anda. Pembesaran jantung merupakan kondisi yang ditandai dengan pembesaran ukuran organ jantung yang bisa dilihat dari pemeriksaan kesehatan, tepatnya pemeriksaan X-ray.

Cukup banyak hal yang bisa menyebabkan jantung mengalami pembengkakan, entah itu kehamilan, stres atau lemah otot jantung, adanya masalah pada katup jantung, penyakit arteri koroner dan detak jantung yang tidak normal.

Sayangnya jantung bengkak tidak bisa selalu dicegah, namun jangan khawatir karena masih ada obat-obatan yang bisa mengobatinya atau dengan perawatan menggunakan peralatan medis. Lantas, apa sajakah penyebab jantung bengkak di bawah ini.

Penyebab Jantung Bengkak dan Gejalanya

penyebab-jantung-bengkak-gejalanyaPenyebab jantung bengkak dan gejalanya antara lain karena faktor keturunan. Barang siapa mereka yang memiliki keluarga dengan riwayat jantung bengkak maka kemungkinan untuk mengalami jantung bengkak akan menjadi lebih tinggi, oleh karena itu, dibutuhkan tindakan pencegahan dan penanganan yang tepat bagi mereka yang memiliki garis keturunan jantung bengkak, amat sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin sehingga Anda bisa mengetahui kondisi badan sendiri.

Salah satu gejala dari jantung bengkak adalah sulit bernapas. Karena masalah terjadi pada organ jantung yang dekat dengan paru-paru maka kemungkinan ini bisa saja terjadi atau karena jantung tidak bisa melakukan tugasnya dengan baik.

Penyebab Jantung Bengkak dan Pengobatannya

Penyebab jantung bengkak dan pengobatannya salah satunya karena penurunan fungsi pada otot jantung. Hal ini umumnya terjadi pada mereka yang sudah lanjut usia, karena semakin bertambahnya usia, kemampuan otot jantung semakin mengalami penurunan sehingga tidak mampu untuk melakukan tugasnya dengan baik maka jantung akan melakukan pekerjaan yang jauh lebih berat untuk melakukan tugasnya.

Lama kelamaan hal ini akan membuat jantung mengalami pembengkakan, Anda yang seringkali merasa kelelahan meskipun tidak sedang melakukan pekerjaan yang memberatkan jantung, seperti berolahraga atau bekerja dengan sangat keras, maka perlu mencurigai gejala ini karena tidak menutup kemungkinan jika kelelahan yang sering Anda alami ini terjadi karena ada gangguan pada fungsi otot jantung Anda.

Penyebab Sakit Jantung Bengkak

Penyebab sakit jantung bengkak yang harus dihindari adalah diabetes. Penyakit diabetes merupakan penyakit gula darah yang lama kelamaan dapat memicu terjadinya pembengkakan pada jantung.

Anda yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit diabetes atau saat ini sudah didagnosa memiliki penyakit gula darah, maka usahakanlah untuk segera mengatasinya sehingga tidak menyebabkan terjadinya komplikasi pada jantung sehingga membuat jantung mengalami pembengkakan.

Pasien yang didiagnosa positive menderita pembengkakan jantung akan mengalami beberapa gejala, tidak terkecuali dengan pembengkak pada kaki atau pergelangan kaki, mengalami rasa nyeri pada dada, sulit bernapas bahkan yang sudah parah bisa sampai pingsan.

Resiko dari komplikasi pembengkakan jantung tergantung dari area mana yang tengah mengalami pembengkakan jantung serta apa penyebab utama mengapa jantung bisa sampai mengalami pembengkakan. Komplikasi yang timbul, antara lain gagal jantung, serangan jantung, pembekuan darah bahkan menyebabkan kematian mendadak.

Penyebab jantung bengkak tentunya cukup beragam, tergantung dari faktor genetika, gaya hidup hingga karakteristik jantung Anda. Dianjurkan untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, yakni USG jantung atau X-ray yang bisa mendiagnosis jika ada masalah pada organ jantung, pemeriksaan sejak awal akan mencegah terjadinya komplikasi penyakit yang jauh lebih berbahaya yang bila tidak ditangani dengan benar akan mengakibatkan kematian. Sayangi jantung Anda dengan baik karena jantung merupakan organ vital terpenting.

Related Post

<============================================>
No Response

Leave a reply "Penyebab Sakit Jantung Bengkak, Gejalanya dan Pengobatannya"