Perlukah Antibiotik untuk Anak

No comment 1272 views

Setiap orang tua tentu menginginkan anaknya sehat. Terutama pada kondisi sang anak mengalami sakit sebagai orang pasti ingin anaknya segera sembuh dengan melakukan berbagai usaha dan pengobatan. Namun, perlukah antibiotik untuk anak kecil. Umumnya melalui pemeriksaan dokter, sang anak yang mengalami sakit akan diberikan resep obat berupa antibiotik. Antibiotik ini merupakan obat yang khusus untuk membunuh bakteri penyebab penyakit tertentu.

Berbeda jika penyakit yang diderita anak berasal dari virus, maka penggunaan antibiotik tidak dianjurkan. Terutama jika penggunaan antibiotik pada anak tidak sesuai atau berlebihan. Hal ini justru akan membawa dampak yang lebih buruk bagi kesehatan anak. Jadi, para orang tua ada baiknya mengerti dan memahami peran antibiotik untuk menyembuhkan sakit anak. Ditambah penggunaan dosis dan waktu yang tepat menjadi keberhasilan antibiotik tersebut dalam melawan atau memerangi suatu bakteri penyebab sakit.

Perlukah Antibiotik untuk AnakUntuk lebih memahami mengenai perlu atau tidaknya pemberian antibiotik untuk anak, simak ulasan ringkas mengenai waktu yang tepat atau tidak penggunaan antibiotik untuk anak.

Kondisi Anak Tidak Perlu Antibiotik

  • Flu

Flu yang biasa disertai demam dan batuk merupakan suatu gejala penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi saluran pernapasan atas oleh virus. Sehingga antibiotik tidak perlu diberikan saat kondisi sakit anak seperti ini.

  • Perubahan Warna Dahak dan Ingus

Saat anak mengalami batuk atau pilek biasanya akan mengeluarkan dahak atau ingus. Dahak dan ingus yang berubah warna menjadi kuning atau hijau serta lebih kental bukanlah kondisi yang membutuhkan antibiotik. Ini hanya sebuah fase klinis dari infeksi saluran pernapasan atas yang disebabkan virus.

  • Diare

Masalah yang terjadi pada usus dan lambung ini juga diketahui merupakan akibat dari infeksi virus. Karenanya, diare tidak perlu dan tidak dianjurkan untuk mengobati diare.

Kondisi Anak Perlu Antibiotik

Saat kondisi anak mengalami demam tinggi lebih dari 39° C yang disertai cairan hidung yang keluar purulent, pembengkakan sekitar wajah dan mata serta rasa nyeri. Pemberian antibiotik berupa Amoxicillin akan dianjurkan karena penyakit ini diakibatkan adanya infeksi oleh bakteri.

  • Radang Tenggorokan

Bakteri atau kuman Streptokokus merupakan salah satu penyebab utama penyakit radang tenggorokan. Oleh karenanya, penyakit yang biasa menyerang anak berusia sekitar 7 tahun ini dapat diatasi dengan pemberian antibiotik untuk membunuh bakteri atau kuman tersebut.

  • Penyakit Tifus

Penyakit tifus yang juga sering dialami oleh anak-anak bisa disebabkan dua faktor yakni infeksi virus atau bakteri. Karena itu, pemeriksaan gejala tifus ini harus benar-benar akurat agar penangan penyakit ini bisa sesuai. Jika memang karena bakteri, maka tubuh memerlukan antibiotik.

  • Infeksi Saluran Kemih

Perlukah antibiotik untuk anak dengan infeksi saluran kemih? Jawabannya, sangat perlu. Pemeriksaan penyakit satu ini juga harus dilakukan dengan benar dan biasanya berdasarkan hasil melalui pemeriksaan darah atau urin. Jika diketahui infeksi saluran kemih akibat infeksi bakteri dari jenis tertentu maka akan diberikan antibiotik yang sesuai.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Perlukah Antibiotik untuk Anak"