Sarapan Pagi untuk Diet Sehat

No comment 1459 views

Sarapan Pagi untuk Diet Sehat

Bagi kamu yang sedang menjalani diet untuk mencapai berat badan ideal, maka hal penting untuk diingatkan adalah sarapan pagi. Beberapa orang menganggap bahwa sarapan pagi tidak baik untuk diet sehingga mereka tidak melakukan sarapan pagi. Para ahli menyatakan bahwa sarapan pagi sangatlah penting karena modal energi yang akan kamu gunakan pada saat kamu bekerja pada siang hari.  Orang yang melewatkan sarapan pagi lebih cenderung cepat merasa lapar sehingga akan makan dengan porsi yang lebih banyak ketika bertemu dengan makanan. Hal ini berdampak pada peningkatan gula darah dan peningkatan berat badan. Sarapan yang teratur dapat menurunkan berat badan namun harus tetap menjaga kalori yang cukup. Berikut sarapan pagi untuk diet sehat yang direkomendasikan:

1.Pilih waktu yang tepat

Waktu yang tepat dipilih untuk sarapan adalah 8-10 jam setelah makan malam ataupun jika kamu tidak makan sebelumnya. Waktu ini dipilh karena pada rentang  waktu tersebut, tubuh telah punya cukup waktu untuk melakukan metabolisme dan siap menerima asupan gizi pertama di pagi hari.

2. Konsumsi buah-buahan

Buah atau jus buah memang disarankan menjadi makanan pertama yang dianjurkan. Pada pagi hari, zat gula dalam tubuh turun hingga tingkat terendah. Oleh karena itu, tubuh akan mengganti dengan melepaskan zat gula yang telah ditimbun di lapisan otot dan liver (glikogen). Menambah asupan jus buah segar atau konsumsi buha-buahan yang ada pada saat sarapan sangatlah dianjurkan, karena banyak mengandung vitamin dan mineral yang berefek menyehatkan tubuh. Sari buah alami juga dapat meningkatkan kadar gula darah setelah semalaman tidak makan. Pisang, misalnya, bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat, vitamin B-6, vitamin C, magnesium, dan potassium. Pada saat membuat jus tidak perlu untuk menambah pemanis seperti gula. Jika ingin membeli jus, pastikan jus dalam kemasan, bebas pewarna, bebas pemanis buatan dan bebas pengawet.

Salah satu menu diet yang dapat kamu buat adalah banana smoothies. Kamu hanya perlu menyiapkan satu buah pisang dan satu gelas susu kemudian blender. Suatu penelitian oleh ilmuwan Jepang menyatakan bahwa mengonsumsi pisang setiap pagi hari dan diikuti jadwal makan yang teratur. Pisang memiliki kandungan vitamin B6, vitamin C, magnesium, dan pottasium. Susu juga memiliki manfaat sebagai peningkatan kalsium.

3. Cukupi karbohidrat

Konsumsilah glukosa karbohidrat secara baik. Sereal atau roti gandum bisa menjadi pilihan tepat. Fungsinya adalah meningkatkan kemampuan otak. Pada pagi hari, tubuh sering tidak mendapatkan glukosa yang cukup, akibatnya fungsi atau memori otak dapat terganggu sehingga kamu tidak akan merasa kelelahan ataupun mengantuk saat bekerja.

Contoh menu sederhana yang dapat kamu buat saat sarapan pagi adalah  bubur oatmeal. Kamu dapat memakannya semangkuk sehari,, sehingga rasa kenyang bisa bertahan sampai jam makan siang. Oatmeal dapat menyimpan energi lebih lama dalam tubuh sehingga dapat menunda rasa lapar saat beraktivitas. Selain itu, oatmeal mengandung 150 kalori, sehingga sarapan ini dapat memenuhi 15% serat serta 10%  zat besi dari kebutuhan normal gizi yang kamu miliki.

4. Siapkan kacang dan kismis

Usahakan dua cemilan ini selalu ada di dapurmu. Kedua bahan ini dapat membuat menu sarapan menjadi lebih sehat. Jangan bilang kacang hanya cocok sebagai kudapan saja, tapi juga sebagai menu sarapan yang baik bagi tubuh karena kandungan yang terdapat dalam kacang adalah lemak tak jenuh. Konsumsi kismis juga dapat mengganti peran buah segar. Konsumsi minimal lemak sebenarnya dapat membantu penyerapan nutrisi menjadi lebih optimal di pagi hari.

5. Konsumsi banyak protein

Protein memang sangat diperlukan bagi tubuh tidak terkecuali juga sebagai cadangan energi. Selain itu, konsumsi protein yang cukup dapat menciptakan diet sehat. Kamu dapat memilih menu sarapan pagi untuk diet sehat yang tinggi protein seperti yoghurt, putih telur, biji-bijian, dan kacang-kacangan yang rendah kalori tentu memberikan lebih banyak energi daripada harus mengonsumsi menu sarapan untuk diet yang terlalu banyak mengandung karbohidrat yang terlalu berlebihan. Kamu dapat mencoba salah satu menu seperti membuat black bean omelet (telur dadar bercampur kacang hitam) yang tentunya mengandung protein lebih tinggi.

Related Post

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Sarapan Pagi untuk Diet Sehat"