Sebab-sebab Radang Selaput Otak dan Akibatnya

No comment 4277 views

Radang selaput otak atau yang juga dikenal dengan mana meningitis ini merupakan satu diantara penyakit berbahaya dan mematikan. Mengingat penyakit ini menimpa bagian tubuh terpenting manusia yaitu otak. Ada beberapa sebab radang selaput otak menyerang manusia, dan karenanya hal ini harus dicegah sejak dini.

Meningitis atau radang selaput otak yakni kondisi dimana terjadi peradangan pada lapisan selaput pelindung otak dan sumsum tulang belakang, sehingga hal ini dapat berakibat kesudakan pada saraf-saraf di otak. Oleh karena itu, resiko penyakit ini sangat lah besar hingga menyebabkan kematian karena penyakit ini menyerang bagian tubuh manusia yang sangat penting.

Sebab-sebab Radang Selaput Otak dan AkibatnyaGejala yang ditimbulkan dari penyakit ini yaitu seperti sakit kepala, demam tinggi, kaku pada tengkuk eher, bahka hilang kesadaran. Selain itu gejala lainnya yang mungkin terjadi seperti mual, muntah, kantuk, dan kebigungan.

Radang selaput otak atau meningitis bisa terjadi pada semua umur, bahkan pada bayi. Perlu pemeriksaan yang instensif agar mengetahui penyebab radang selaput otak. Penyakit radang selaput otak lebih sering disebabkan oleh virus maupun bakteri. Sehingga pengobatannya pun akan berbeda.

Radang selaput otak yang diakibatkan oleh terpaparnya virus dianggap tidak terlalu berbahaya dan bisa pulih tanpa suatu perawatan dan pengobatan yang serius. Namun berbeda dengan radang selaput otak yang diakibatkan oleh bakteri dapat menyebabkan kondisi yang serius, seperti kerusakan pada otak, hilangnya kemapuan belajar, kemampuan mendengar menurun hingga dapat menyebabkan kematian.

Sedangkan radang selaput otak yang diakibatkan karena jamur diketahui sangat jarang terjadi. Namun umunya hal ini bisa terjadi pada pasien yang menderita kerusakan daya tahan tubuh seperti penderita AIDS.

Sebab-sebab Radang Selaput Otak dan Akibatnya

Khususnya penyebab radang otak yang disebabkan bakteri, karena terdapat beberapa bakteri yang dapat mengakibatkan terjadinya peradangan pada selaput otak. Bakteri-bakteri yang masuk ke dalam tubuh bisa mengakibatkan berbagai masalah serius, salah satunya radang selaput otak atau meningitis.

Berikut ini beberapa bakteri yang jika masuk ke dalam tubuh dan menyerang otak maka dapat menyebabkan radang selaput otak.

  • Haemophilus Influenzae

Jenis bakteri ini yang menyebabkan infeksi pernafasan bagian atas dan telinga bagian dalam serta sinusitis. Penanganam bakteri ini bisa dilakukan dengan pemberian vaksin.

  • Staphylococcus Aureus dan Mycrobacterium Tubercolosis

Bakteri ini merupakan salah satu bakteri penyebab penyakit TBC. Namun bakteri ini juga bisa menjadi bakteri yang menyebabkan meningitis atau radang selaput otak.

  • Listeria Monocytogenes

Salah satu faktor penyebab radang selaput otak yakni tidak menjaga kebersihan. Contohnya bakteri jenis ini umumnya dapat dijumpai di banyak tempat. Bakteri ini diketahui berasal dari hewan yang dipelihara dan makanan-makan yang berpotensi terkontaminasi jenis bakteri ini seperti hot dog, kehu dan daging sandwhich.

  • Streptococcus Pneumoniae

Bakteri jenis ini bisa menimbulkan infeksi infeksi pada organ paru, telinga dan bagian rongga hidung. Bakteri ini menjadi salah satu bakteri penyebab radang selaput otak terbanyak khususnya yang menyerang bayi dan anak-anak.

  • Neisseria Meningitidis

Bakteri ini diketahui sebagai bakteri penyebab radang selaput otak terbanyak kedua setelah bakteri Streptococcus Pneumoniae. Infeksi yang disebabkan oleh bakteri ini sangat beresiko karena dapat menyebabkan kematian hanya dalam jangka waktu 24 hingga 48 jam.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Sebab-sebab Radang Selaput Otak dan Akibatnya"