Sebab Terjadinya Sariawan Pada Mulut dan Gejalanya

Sariawan adalah penyakit yang menyerang bagian mulut terutama di bagian dalam. Penyakit ini merupakan tanda bahwa mulut sudah terinfeksi dengan bakteri dan terjadi peradangan. Sariawan merupakan penyakit mulut yang banyak dialami oleh kebanyakan orang. Sebab umum terjadinya sariawan pada mulut adalah luka di mulut dalam, baik itu dikarenakan tergigit atau infeksi bakteri. Penyakit sariawan biasanya ditandai dengan bercak putih seperti kulit berlubang.

Dalam kedokteran, penyakit sariawan biasanya disebut dengan stomatitis. Stomatitis dapat ditandai dengan bercak tunggal atau kelompok yang berwarna putih atau kuning. Selain menyerang dinding mulut bagian dalam, sariawan juga dapat menyerang bagian mulut lainnya seperti lidah, gusi dan bagian lainnya. Meskipun tidak terlalu berbahaya dan tidak menular, namun sariawan dapat menimbulkan efek kesehatan lain. Sebagai contoh, sariawan dapat mempengaruhi nafsu makan sehingga efeknya tubuh akan menjadi lemas.Sebab Terjadinya Sariawan Pada Mulut dan Gejalanya

Peradangan sariawan terjadi akibat jamur candida albicans dan umumnya berjumlah sangat sedikit di dalam mulut. Walaupun begitu, jamur ini dapat menyebabkan sariawan dan kondisi kesehatan yang berantai, misalnya adalah kesulitan dalam mengunyah makanan. Akibat dari kesulitan makan, asupan gizi yang dibutuhkan tubuh juga cenderung berkurang dan pada tingkat yang lebih parah dapat menyebabkan kekebalan tubuh yang menurun.

Beberapa sebab terjadinya sariawan pada mulut

Ada beberapa penyebab terjadinya sariawan dan umumnya terjadi karena kondisi mulut yang tidak sehat. Keadaan inilah yang memicu bakteri pada mulut sehingga mengakibatkan terjadinya peradangan. Berikut adalah beberapa sebab terjadinya sariawan pada mulut.

  • Kebersihan mulut tidak terjaga

Kebersihan menjadi faktor utama penyebab sariawan. Ini dikarenakan dapat memicu perkembangan jamur candida albicans dalam mulut. Jika perkembangan jamur ini tidak terkontrol maka akan mengakibatkan peradangan pada mulut kemudian terjadi sariawan.

  • Sistem imun yang menurun

Untuk beberapa orang yang sedang menjalani kemoterapi, sistem kekebalan tubuh akan menjadi berkurang dan rentan terhadap sariawan. Tubuh secara otomatis akan menghilangkan bakteri melalui mekanisme pertahanan dirinya. Jika kekebalan tubuh terganggu, maka bakteri akan menyerang.

  • Konsumsi obat tertentu

Penggunaan obat-obatan tertentu seperti kortikosteroid dapat menyebabkan peradangan pada mulut. Ini dikarenakan pengaruh kuat dari obat tersebut terhadap mulut. Obat semacam ini bisanya digunakan untuk penderita kanker, asma dan lainnya.

  • Efek gigi palsu

Dibalik keuntungan menggunakan gigi palsu, ternyata juga menyimpan beberapa resiko buruk terhadap gigi, salah satunya dapat menyebabkan sariawan. Gigi palsu yang tidak sesuai dengan ukuran dan tidak terjaga kebersihannya dapat menjadi sarang bakteri untuk berkembang.

Gejala sariawan pada mulut

Dengan beberapa kondisi di atas yang terjadi, ada banyak gejala yang terjadi akibat dari sariawan pada mulut. Berikut adalah gejala paling umun yang disebabkan oleh sariawan.

  • Sariawan dapat menyebabkan rasa tidak aman di mulut karena perih yang terjadi akbiat peradangan dari bercak.
  • Dalam beberapa kejadian, bercak luka dapat menyebabkan pendarahan di mulut.
  • Orang yang mengalami sariawan biasanya akan merasakan sensasi terbakar pada bagian mulut.
  • Rasa sakit terjadi saat mengunydah dan menelan makanan.
<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Sebab Terjadinya Sariawan Pada Mulut dan Gejalanya"