Seputar Anatomi Jantung

No comment 13469 views

Tidak banyak orang yang tahu mengenai fungsi utama jantung dan anatomi jantung. Masyarakat awam hanya memahami pengetahuan dasar seputar jantung, mulai dari fungsi dasar jantung dan dimana letak jantung berada, mungkin tidak banyak yang tahu jika jantung manusia merupakan organ vital yang memiliki karakter yang sangat unik dan ajaib.

Jantung merupakan sebuah organ vital yang terdiri dari otot. Bentuk jantung sekilas tampak sangat mirip dengan jantung pisang, pada bagian atasnya tumpul yang disebut sebagai basis cordis, di bagian bawahnya yang agak meruncing disebut apex cordis. Jantung berfungsi untuk mengatur distribusi darah menuju seluruh bagian tubuh,

Anatomi fisiologi jantung

anatomi-jantungSistem kardiovaskuler adalah sistem yang mana akan memberikan fasilitas proses pengangkutan dari berbagai substansi untuk disampaikan ke sel-sel tubuh. Sistem kardiovaskuler ini meliputi, organ penggeri yang kita kenal sebagai jantung, serta sistem saluran yang meliputi, arteri dan vena. Jantung memliki panjang sebeser 12 cm, lebar 8-9 cm, ketebalan 6 cm (kurang lebih sebesar kepalan tangan kanan manusia (250-300 gram).

Struktur anatomi jantung manusia

Jantung manusia memiliki karakteristik yang sangat unik, di bagian permukaannya, inferior atau diafragmanya, sebagian besar merupakan ventrikel kiri serta ventrikel kanan, sedangkan batas kanan jantung ada vena kava superior serta atrium kanan, sementara di batas kiri jantung, ada dinding lateral ventrikel kiri yang berperan sebagai pembatasnya.

Basis jantung disusun oleh atrium kiri serta sebagian dari atrium kanan yang terletak di iga kedua. Selaput yang membungkus organ jantung disebut dengan pericardium, yang dibedakan dalam dua lapisan:

1. Pericardium Fibrosa, yakni lapisan luar yang menempel pada tulang dada, pleura dan diagragma

2. Pericardium Serosa, yakni lapisan dalam yang berasa dari pericardium yang meliputi lapisang parietalis: yang melekaat pada pericardium fibrosa serta lapisan viseralis yang mana melekat pada jantung, dikenal sebagai epikardium.

Dari kedua lapisan tersebut, ada sebuah rongga pericardium yang didalamnya terdiri dari cairan pelumas atau cairan pericardium yang isinya, kurang lebih 10-30 ml yang berfungsi untuk mengurangi terjadinya gesekan yang biasa timbul akibat dari gerak jantung. Selain itu, pericardium juga bermanfaat atau berperan aktif sebagai barier terhadap infeksi yang berasal dari paru serta mediastinum.

Anatomi jantung dan pembuluh darah

Jantung terdiri dari empat bagian utama, mulai dari serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan dan biliki kiri, semua bagian utama tersebut memiliki fungsi masing-masing.

– Serambi kanan berfungsi untuk menerima darah yang mengandung CO2 dari dalam tubuh yang berjalan melalui vena cava superior serta vena cava inferior.

– Serambi kiri berfungsi untuk menerima darah yang mengandung banyak O2 dari paru-paru yang berjalan melalui vena paru-paru.

– Bilik kanan berfungsi untuk menerima darah yang mengandung banyak karbondioksida sebagai kontrak atrium kanan.

– Sedangkan bilik kiri berperan dengan baik untuk menerima darah yang tinggi akan kandungan oksigen dari atrium kiri.

Sistem pembuluh darah meliputi 3 jenis, kapiler, arteri serta vena. Masing-masing memiliki peran yang sangat penting.

– Kapiler merupakan jenis pembuluh darah yang karakternya sangat halus yang mana berperan penting menghubungkan arteriola dengan venula.

– Arteri memiliki diameter besar, berdinding elastis dan tebal. Berfungsi untuk membawa darah keluar dari dalam jantung menuju bagian tubuh lainnya serta membawa darah yang telah dideoksigenasi, terkecuali arteri pulmonalis. Beberapa arteri yang berukuran kecil dinamakan dengan arteriola

– Vena memiliki fungsi untuk mengalirkan darah kembali ke jantung, berdinding tipis dengan jaringan otot polos serta jaringan ikat sedikit.

Ulasan singkat mengenai anatomi jantung ini semoga bisa menambah ilmu pengetahuan Anda perlihal jantung.

<============================================>
No Response

Leave a reply "Seputar Anatomi Jantung"