Sering Nyeri Tulang Belakang? Berhati-Hatilah Kanker Tulang Belakang

sering-nyeri-tulang-belakang-berhati-hatilah-kanker-tulang-belakang

Kanker tulang belakang memang penyakit langka yang jarang terjadi namun tidak ada salahnya untuk dibahas. Kanker tulang sendiri merupakan suatu penyakit dimana sel kanker tumbuh bagian tulang. Biasanya sel-sel dalam tulang akan membelah dan berkembang dengan teratur. Namun ada beberapa sel tulang yang abnormal yang terus membelah tidak teratur, sementara sel-sel baru sangat dibutuhkan ole tubuh. Oleh karena itu, timbul benjolan membentuk massa atau jaringan, yang dikenal sebagai tumor.

Secara umum kanker tulang terbagi menjadi dua jenis antara lain kanker tulang primer dan kanker tulang sekunder. Kanker tulang primer adalah kanker tulang yang disebabkan oleh sel tumor yang berasal dari sel-sel yang menjadi pembentuk jaringan tulang. Sedangkan kanker tulang sekunder merupakan kanker tulang yang disebabkan oleh sel-sel kanker yang berasal dari organ lain dan menyebar (metastatis) ke tulang.. Insidensi kanker tulang primer memang lebih jarang timbul dibanding dengan kanker tulang sekunder. Sampai sekarang, penyebab kanker tulang belum dapat diketahui secara pasti.

Gejala Kanker Tulang Belakang

1.Rasa sakit

Gejala awal yang paling sering ditemui pada kanker tulang adalah nyeri misalnya nyeri leher atau punggung pada kanker tulang belakang. Rasa sakit yang timbul tentu berbeda dari rasa sakit biasa yang disebabkan oleh kesalahan dari posisi tubuh yang banyak dikeluhkan oleh orang. Nyeri yang timbul bersifat terus-menerus serta diserta gejala lainnya. Nyeri yang timbul bisa hanya berfokus pada tulang belakang atau bisa menyebab pada anggota tubuh lain. Hal ini juga tergantung dimana lokasi kanker tersebut berada. Jika kanker tulang hanya menyebabkan sejumlah kecil peradangan serta iritasi, maka nyeri yang timbul hanya berfokus pada tempat sel kanker itu berada misalnya kalau kanker tulang belakang maka nyerinya cuma berfokus pada tulang belakang. Jika kanker tersebut malah menekan saraf, maka nyeri tersebut dapat menyebab pada anggota tubuh yang lain. Pada intinya rasa nyeri yang timbul bersifat kronis dan semakin lama tidak ditangani maka akan semakin sakit.

2. Kelemahan

Timbulnya kelemahan bisa disebabkan karena sel kanker yang muncul telah menekan sistem saraf. Akibatnya terjadi gangguan impuls dari tulang belakang. Jika kanker menyebabkan peradangan yang besar di tulang belakang, otak tidak akan mampu berkomunikasi secara baik antara otak dan kaki. Akibatnya muncullah keluhan kelemahan pada kaki hingga pada akhirnya menjadi kesulitan untuk berjalan, membawa, meraih sesuatu, hingga berpeganganpun akan susah.

3. Kurangnya kepekaan

Kanker tulang belakang juga mampu menyebabkan berkurangnya kepekaan. Hal yang perlu diketahui bahwa sumsum tulang belakang merupakan bagian dari sistem saraf pusat yang bersifat vital. Jika terjadi peradangan atau tekanan pada daerah tersebut dapat mengakibatkan pengurangan sensasi. Penderita akan mengalami keluhan dimana dia tidak bisa merasakan panas atau dingin ketika disentuh. Atau dia tidak bisa membedakan mana yang tajam atau tumpul, semuanya terasa kabur. Hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan otak untuk berkomunikasi dengan baik pada anggota badan.

4. Inkontinensia

Gejala inkontinensia bisa menjadi pertanda kanker tulang belakang. Gejala ini hampir sama dengan kelemahan. Tekanan sel-sel kanker pada saraf tertentu pada tulang belakang ternyata bertanggung jawab untuk mengontrol kinerja kandung kemih dan usus. Jika impuls menjadi terganggu, maka seseorang akan kehilangan kontrol kandung kemih sehingga penderita akan sering ngompol tanpa dia sadari sekalipun.

5. Kelumpuhan

Jika kanker tulang yang ada tidak ditangani secara lanjut maka sel-sel kanker akan semakin menyebar kebagian tubuh lain. Hal ini bergantung pada derajat dari kanker tersebut. Kelumpuhan pun menjadi salah satu gejala terberat yang timbul. Ukuran dan lokasi pertumbuhan dari sel kanker dapat menentukan jumlah kelumpuhan sesuai dengan dimana kanker tersebut menekan bagian saraf.

Pencegahan Kanker Tulang

Walaupun penyebab kanker tulang belakang belum diketahui secara pasti penyebabnya, pencegahan terhadapat penyakit ini tetaplah harus dilakukan. Biasany kanker timbul oleh karena radikal bebas serta zat karsinogen dalam tubuh. Jadi pencegahan tepat yang harus dilakukan adalah menerapkan pola hidup sehat seperti menghindari makanan yang banyak mengandung lemak serta zat karsinogen, menghindari rokok dan alkohol, konsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan serta mineral penting lainnya, dan lakukan medikal check up rutin untuk mengetahui kesehatan tubuh anda.

Related Post

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Sering Nyeri Tulang Belakang? Berhati-Hatilah Kanker Tulang Belakang"