Sumber Makanan Dengan Karbohidrat yang Baik untuk Tubuh

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Karbohidrat sangat dibutuhkan tubuh karena memiliki peranan yang sangat penting. Selain sebagai sumber energi tubuh, karbohidrat juga mempunyai peran dalam melancarkan pencernaan, mengoptimalkan fungsi protein dalam tubuh, mengatur metabolisme lemak. Untungnya, ada banyak jenis makanan dengan karbohidrat yang baik untuk tubuh.

Dalam memenuhi karbohidrat sebagian besar orang memperolehnya dari nasi putih. Namun nasi putih diketahui memiliki karbohidrat sederhana serta kadar gula yang cukup tinggi sehingga dapat menaikan berat badan.

Sumber Makanan Dengan Karbohidrat yang Baik untuk TubuhSumber Makanan Dengan Karbohidrat yang Baik untuk Tubuh

Oleh karena itu, untuk mendapatkan karbohidrat tanpa takut mengalami kegemukan bisa memilih makanan selain nasi sebagai sumber energi. Di bawah ini adalah beberapa jenis sumber makanan yang mempunyai kandungan karbohidrat yang baik bagi tubuh.

  • Nasi Merah

Jika memang masih ingin makan nasi sebagai sumber energi, cobalah untuk beralih dengan mengkonsumsi nasi merah. Nasi merah memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga menjadi sumber energi yang baik dan sehat bagi tubuh. Kandungan baik lainnya dalam nasi merah yaitu zat besi, magnesium, vitamin, vitamin B2, vitamin B3 serta vitamin B6. Mengkonsumsi nasi merah juga dapat mencegah resiko penyakit diabetes.

  • Oatmeal

Mengkonsumsi oatmale bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan sumber karbohidrat yang kompleks. Oatmeal bisa menjadi pilihan yang tepat saat melakukan diet sehat karena kadar glycemic indeks dalam oatmeal cukup rendah sehingga tidak meningkatkan insulin dalam tubuh. Oatmeal juga diketahui dapat membantu mengurangi lemak yang terdapat pada organ-organ vital, serta mencegah dari gangguan metabolisme, diabetes dan penyakit jantung.

  • Ubi Jalar

Ubi jalar bisa menjadi pilihan sebagai sumber karbohidrat yang sehat dan murah. Dalam ubi jalar terdapat cukup banyak nutrisi yang terkandung seperti serat, tembaga, potassium, mangan, zat besi, vitamin C, vitamin A, vitamin B6 serta diperkaya juga dengan betakaroten yang merupakan sumber antioksidan. Oleh karena itu, ubi jalar sangat dianjurkan untuk penderita mag, berat badan, diabetes serta mengotrol gula darah dalam tubuh. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu mencegah kanker.

  • Buah dan Sayuran

Mengkonsumsi buah dan sayuran merupakan cara terbaik dalam menjaga tubuh tetap sehat. Selain itu, kedua makanan ini termasuk sumber karbohidrat sederhana. Kandungan gula alami fruktosa khususnya pada buah-buahan tidak akan membuat tubuh gemuk. Namun meski begitu, kandungan mineral serta serta yang tinggi pada buah dan sayuran bereaksi seperti karbohidrat kompleks saat dicerna.

  • Kacang-kacangan

Jenis sayur kacang-kacangan juga merupakan sumber makanan dengan karbohidrat yang baik untuk tubuh. Beberapa macam sayur kacang seperti kacang hijau dan merah, kacang panjang, buncis, kedelai dan kacang polong memberikan efek kenyang dengan cepat dan bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama. Kandungan dalam kacang seperti serat, zat besi, protein, serta vitamin sangat baik bagi kebutuhan tubuh. Dengan begitu, mengkonsumsi kacang-kacangan dapat menurunkan resiko kenaikan berta badan.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Sumber Makanan Dengan Karbohidrat yang Baik untuk Tubuh"