Sumber Makanan Kaya Antioksidan Tinggi

No comment 1633 views

Antioksidan merupakan zat yang sangat bermanfaat dan sangat dibutuhkan tubuh. Beberapa sumber makanan kaya antioksidan tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk tubuh. Antioksidan memiliki peran yang besar dalam menjaga kesehatan tubuh serta melindungan sel-sel tubuh dari kerusakan.  Selain itu, antioksidan mampu memperlambat proses penuaan.

Polusi seperti asap kendaraan, asap rokok, serta makanan yang terkontaminasi pestisida merupakan contoh dari radikal bebas yang berasal dari luar tubuh yang dapat merusak sel-sel tubuh serta dapat memicu berbagai penyakit serius seperti jantung dan kanker.

Sumber Makanan Kaya Antioksidan TinggiOleh sebab itulah, antioksidan sangat diperlukan untuk menangkal dan melawan radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Antioksidan juga memiliki peran untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga jika kadar antioksidan dalam tubuh rendah maka akan sangat rentan dan mudah terserang berbagai penyakit.

Maka dari itu, untuk menjaga tubuh dari berbagai penyakit serius sangat disarankan untuk mendapatkan asupan antioksidan yang cukup setiap harinya. Antioksidan dapat diperoleh pada makanan-makanan yang mengandung nutrisi seperti vitamin C, E, A, polifenol, flavonoid dan beta-karoten.

Sumber Makanan Kaya Antioksidan Tinggi

Berikut beberapa makanan yang kaya antioksidan yang bisa menjadi pilihan untuk membuat tubuh tetap sehat.

  • Buah

Beberapa buah diyakini mempunyai senyawa antioksidan sangat tinggi. Beberapa buah berry seperti strawberry, raspberry, blueberry, blackberry, dan cranberry. Namun jika sulit untuk mendapatkan buah-buahan ini, buah lainnya seperti  anggur merah, apel, pir, jeruk, mangga, pisang dan papaya bisa menjadi pilihan karena mudah didapat serta memiliki antioksidan yang cukup tinggi dan mampu untuk mencegah kanker dan radikal bebas lainnya.

  • Sayuran

Makanan lainnya yang dianggap kaya akan antioksidan yaitu sayuran. Sayuran memang sangat baik karena memiliki serat dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh. Terutama beberapa sayuran seperti brokoli, kol, kubis, sawi hijau, asparagus, lobak serta bayam memiliki antioksidan yang sangat tinggi.

Sayuran lainnya yang memiliki warna orange, merah dan ungu juga memiliki berbagai kandungan zat antioksidan seperti betakaroten, flavonoid dan licopen. Kandungan zat tersebut dapat diperoleh pada sayuran seperti wortel, tomat, ubi jalar, terong, dan paprika merah. Sayuran-sayuran tersebut sangat efektif untuk mencegah tubuh dari bahaya kanker.

  • Kacang-kacangan

Selain buah dan sayuran, antioksidan juga dapat diperoleh dari kacang-kacangan. Kacang-kacangan seperti almond, kenari dan pecan menjadi salah satu makanan yang kaya antioksidan. Selain itu kacang merah selain kaya antioksidan juga mengandung serta dan protein yang baik tubuh.

Minum teh hijau setiap hari dapat memberikan asupan antioksidan dalam tubuh karena kandungan dalam teh hijau mengandung zat polifenol yang tinggi sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal jahat. Selain teh, coklat yang banyak digemari juga termasuk sumber makanan kaya antioksidan yang cukup kuat terutama pada coklat hitam, namun meski begitu mengkonsumsi coklat harus dibatasi.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Sumber Makanan Kaya Antioksidan Tinggi"