Tanaman Obat Tradisional Asam Urat Yang Ampuh

Tanaman Obat Tradisional Asam Urat Yang Ampuh

Tanaman Obat Tradisional Asam Urat Yang Ampuh

Asam urat umumnya terjadi pada orang dewasa. Asam urat terjadi karena ginjal yang sudah tidak bisa berfungsi secara normal dalam mengatur zat asam. Zat asam kemudian mengendap di persendian sehingga menyebabkan asam urat. Endapan yang terlalu lama dibiarkan akan menyebabkan rasa sakit di persendian. Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan hingga pembengkakan. Untuk mengurangi rasa sakit ini, cobalah untuk menggunakan tanaman obat tradisional asam urat yang ampuh untuk meredakan efeknya.

Penyebab asam urat

Pada dasarnya penyebab asam urat dibagi menjadi dua, yaitu penyebab dari luar dan penyebab dari dalam. Penyebab dari luar berkaitan dengan asupan makanan dan konsumsi sehari-hari. Makanan yang mengandung purin akan meningkatkan resiko mengalami asam urat. Sedangkan penyebab dari dalam lebih terkait dengan turunan. Kondisi ini dipengaruhi oleh gen dan hormon yang tidak seimbang, yang berakibat metabolisme tubuh yang tidak seimbang. Selain kelainan genetik, asam urat juga dapat dipicu oleh fungsi ginjal yang rusak.

Gejala asam urat

Gejala yang paling sering dialami oleh penderita asam urat adalah nyeri dan pegal pada persendian. Jika nyeri ini dibiarkan maka persendian akan membengkak akibat semakin menumpuknya purin. Persendian, seperti kaki, akan memerah dan sakit ketika digerakkan. Asam urat biasanya menyerang daerah persendian yang ada di tubuh seperti jari, siku, dengkul, dll. Rasa sakit biasanya dialami pada malam hari menjelang tidur.

Cara mengobati asam urat dengan tanaman tradisional

Penggunaan obat tradisional untuk menyembuhkan asam urat akan meminimalkan resiko, baik dari segi waktu, tenaga dan materi. Berikut ini adalah tanaman obat tradisional asam urat yang ampuh jika digunakan secara terus menerus.

  • Kumis kucing

Kumis kucing mempunyai khasiat untuk memperlancar aliran seni. Namun setelah diteliti, kumis kucing juga mengandung senyawa yang berfungsi untuk membuang kelebihan batu ginjal. Ambil lima lembar daun kumis kucing, masak dengan tiga gelas air, tunggu hingga menyusut menjadi satu gelas, lalu minum.

  • Daun salam

Daun yang biasa digunakan untuk bumbu dapur ini ternyata mengandung antioksidan. Daun salam dipercaya menyembuhkan asam urat karena mengandung tannin dan flavonoid. Caranya, rebus 10 lembar daun salam dan serai dengan air tiga gelas, setelah menyusut, ambil dan minumlah.

  • Anting-anting

Dikenal juga dengan rumput kokosan, anting-anting mempunyai manfaat sebagai anti peradangan dan pembersih hati.

  • Sambiloto

Tanaman ini berasal dari India. Tanaman ini dikenal dengan papaitan, kayu mas dan mempunyai kandungan kalsium, kalium, natrium dan masih banyak lagi. Untuk menggunakannya, ambil 3 lembar sambiloto segar dan 2 lembar sambiloto kering, ΒΌ kunyit, kemudian rebus tiga gelas air, dan tunggu menyusut hingga menjadi satu gelas.

  • Jahe

Penggunaan jahe sebagai obat asam urat sama seperti ketika kita membuat wedang jahe. Cukup remukkan dua jahe, tambahkan gula atau susu, minum dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Cengkeh

Cengkeh dapat digunakan sebagai obat asam urat dengan menambahkan jahe kemudian ditumbuk. Setelah dirasa cukup halus, tempelkan ramuan ini ke persendian yang terasa sakit.

  • Kulit manggis

Kulit manggis dikenal dengan antioksidan yang paling tinggi. Penggunaannya pun terbilang mudah, cukup tumbuk kulit manggis yang kering lalu tambahkan air kemudian minum.

Related Post

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Tanaman Obat Tradisional Asam Urat Yang Ampuh"