Tanda-tanda Kekurangan Vitamin D Dalam Tubuh

No comment 6503 views

Tubuh membutuhkan berbagai nutrisi dan vitamin untuk menunjang fungsi organ-organ tubuh. Jika tubuh kekurangan suatu nutrisi maka dapat menyebabkan suatu masalah atau gangguan pada kesehatan. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh yaitu vitamin D. Vitamin ini sangat dibutuhkan oleh tubuh sehingga harus diperhatikan apabila ada tanda-tanda kekurangan vitamin D dalam tubuh. Terdapat beragam vitamin dan setiap vitamin memiliki peranan dan fungsinya masing-masing untuk menunjang kesehatan dan membantu fungsi organ tubuh.

Vitamin D merupakan satu diantara banyaknya vitamin yang dibutuhkan tubuh. Fungsi dari vitamin D pada tubuh pun beragam, yaitu diantaranya mengatur penyerapan kalsium dan fosfor pada tulang dan gigi khususnya, meningkatkan kekebalan tubuh serta membangun otot, tulang dan gigi yang kuat.

Tanda-tanda Kekurangan Vitamin D Dalam TubuhSelain itu, vitamin D juga berfungsi dalam memerangi masalah kesehatan yakni seperti mengurangi resiko penyakit jantung serta infeksi virus dan bakteri.

Tanda-tanda Kekurangan Vitamin D Dalam Tubuh

Sehingga jika tubuh kekurangan vitamin D bisa menyebabkan gangguan kesehatan karena fungsi organ tubuh tidak bekerja dengan optimal. Untuk itu setiap orang sebaiknya mengenali berbagai gejala yang dirasakan akibat kekurangan nutrisi penting ini. Berikut ini beberapa tanda dan ciri pada tubuh yang kekurangan vitamin D.

  • Melemahnya Otot-otot

Salah satu diantara fungsi vitamin D yakni membangun otot. Sehingga jika tubuh kekurangan vitamin tersebut jelas akan membuat otot-otot melemah karena otot-otot skeletal tidak akan berfungsi dengan baik ketika tubuh kekurangan vitamin D. Hal ini jelas karena telah dibuktikan oleh berbagai peneliti dan ahli kesehatan.

Fungsi lainnya dari vitamin D yakni membantu penyerapan kalsium oleh tulang. Sehingga meski tubuh telah mendapatkan sumber kalsium yang baik, namun tanpa asupan vitamin D yang cukup, kalsium tidak akan terserap baik oleh tulang. Jika begitu, tulang akan menjadi rapuh dan lemah sehingga menyebabkan rasa nyeri pada tulang.

  • Menyebabkan Osteoporosis

American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan hasil penelitiannya bahwa tubuh akan berhenti memproduksi massa atau elemen tulang pada usia 30 tahun. Apabila sebelum mencapai usia tersebut tubuh kekurangan vitamin D, maka kemungkinan besar pada usia 30 akan menyebabkan terkena osteoporosis.

  • Mengeluarkan Keringat Berlebih

Selain berkaitan dengan tulang dan otot, tanda kekurangan vitamin D bisa dirasakan ketika tubuh mengeluarkan keringat secara berlebih. Oleh karena itu, ada baiknya untuk memperhatikan tingkat produksi keringat sehingga bisa cepat ditangani agar tidak menyebabkan dehidrasi.

  • Penurunan Mood

Selain berpengaruh pada kesehatan fisik, vitamin D juga ternyata memiliki pengaruh pada kesehatan pikiran dan emosi seseorang. Dalam vitamin D mengandung mineral dan serotonin yang dibutuhkan otak untuk memproduksi hormon yang menimbulkan rasa senang. Oleh karena itu, penurunan mood atau mudah depresi bisa dikaitkan dengan ciri atau tanda tubuh kekurangan vitamin D.

  • Kanker

Ternyata terdapat hubungan antara asupan vitamin D dan kanker. Hal ini telah dibuktikan oleh peneliti di Georgetown University Medical Center, Washington DC. Konsumsi vitamin D yang tinggi bisa meminimalisir resiko kanker payudara. Vitamin D yang berasal dari sinar matahari merupakan sumber vitamin D terbaik. Tubuh yang lemah merupakan salah satu tanda kekurangan vitamin D dalam tubuh.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Tanda-tanda Kekurangan Vitamin D Dalam Tubuh"