Tips Perawatan Kulit Kepala Berketombe

No comment 2441 views

Merawat kulit kepala agar terhindar dari ketombe memang membutuhkan kesabaran. Ketombe merupakan akumulasi dari kulit kepala yang kering akibat tidak dirawat. Kulit kepala yang kering bisa disebabkan oleh berbagai hal, beberapa diantaranya adalah kurangnya perawatan dan akibat dari penyakit kulit pada kepala. Maka dari itu, perawatan kulit kepala penting dilakukan untuk menghindari kondisi ini terjadi.

Ketombe kadang juga menyebabkan kulit kepala menjadi gatal. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, ketombe bisa menyebabkan rambut rontok, hingga yang terparah mengalami kebotakan. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui penyebab ketombe datang sehingga akan lebih mudah untuk mengatasinya.

Tips Perawatan Kulit Kepala Berketombe

Tips Perawatan Kulit Kepala Berketombe

Penyebab kulit kepala berketombe

Seperti yang kita tahu, penyebab ketombe bisa dari berbagai faktor. Ketahui penyebab ini untuk memberikan perawatan kulit kepala yang sesuai.

  • Cuaca

Inilah faktor yang paling banyak menyebabkan berbagai permasalahan di kulit kepala. Cuaca yang panas atau cuaca dingin dapat menyebabkan kulit kepala kehilangan kelembabannya.

  • Mengikat rambut

Mengikat rambut yang masih basah berpotensi untuk menghambat kulit kepala mendapatkan oksigen yang dibutuhkan, akibatnya kulit kepala menjadi sangat lembab.

  • Stress

Kebiasaan buruk stress adalah selalu menggaruk-garuk kepala dan memainkan rambut. Kebiasaan menggaruk kepala akan menipiskan kulit dan menimbulkan ketombe.

  • Terlalu banyak keramas

Terlalu sering keramas dengan sampo anti ketombe justru akan mengakibatkan ketombe lebih banyak datang lagi. Ini dikarenakan kandungan anti dandruff yang terdapat pada sampo.

  • Kulit sensitif

Kulit kepala yang sensitif memberi potensi ketombe terjadi. Kulit kepala yang sensitif akan lebih rentan terhadap sentuhan apapun.

  • Sisa sampo

Bersihkan sisa sampo pada rambut setelah keramas. Sisa sampo yang masih mengendap berpotensi mengurangi ketebalan kulit kepala.

  • Salah perawatan

Perawatan kulit kepala yang tidak sesuai dengan jenis kulit akan mengakibatkan terjadi ketombe dan masalah lain pada kulit kepala.

  • Menyisir sembarangan

Ketombe bisa ditularkan melalui sisir yang telah dipakai orang lain. Proses penularan ini bisa melalui jamur yang tertinggal disisir.

Perawatan kulit kepala berketombe

Setelah mengetahui berbagai penyebab kulit kepala berketombe, ada baiknya untuk segera memulai proses perawatan untuk menghilangkan ketombe ini.

  • Sampo yang tepat

Pemilihan sampo yang tepat sesuai dengan karakter kulit kepala dan rambut akan memberikan efek yang signifikan kepada kulit kepala maupun rambut.

  • Pelembab

Gunakan pelembab atau conditioner sesuai dengan jenis rambut. Sekarang ini banyak tersedia berbagai pilihan yang sesuai dengan karakter kulit.

  • Pijat

Pijatan akan membuat sirkulasi darah pada kulit kepala menjadi lebih lancar. Pijatlah kulit kepala pada saat keramas agar efek sampo lebih terasa.

Jenis makanan tertentu juga dapat membantu merangsang pertumbuhan filokel rambut.

  • Hindari stress

Stress membuat kulit kepala kehilangan kelembabannya sehingga akan kulit mengering.

Jika perawatan ini dinilai belum berhasil, bisa jadi ini adalah tanda dari penyakit kulit lain seperti psoriasis atau eksim.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Tips Perawatan Kulit Kepala Berketombe"