Waspadai Demam Berdarah Saat Menyerang

No comment 1683 views

Salah satu wabah penyakit serius yang biasa terjadi pada musim penghujan yakni demam berdarah. Demam berdarah Dengue atau DBD disebabkan oleh virus yang ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Jika nyamuk ini sudah berkembang, kita harus mewaspadai demam berdarah yang akan ditularkan.

Virus ini bisa menyerang siapa saja, namun kebanyakan penyakit BDB dialami oleh anak-anak. Hal ini dikarenakan sistem imun atau kekebalan tubuh yang rendah sehingga tubuh tidak dapat melawan virus yang masuk. Oleh karena itu, orang dewasa juga memiliki kemungkinan besar untuk tertular virus ini.

Sikap waspada demam berdarahBerdasarkan hasil survey, penyakit BDB in menjadi penyakit pembunuh. Pasalnya dari sebagian penderita DBD banyak yang berujung hingga kematian. Ini disebabkan karena pengobatan infeksi virus saat ini dianggap masih belum sempurna. Terutama karena virus ini menyerang sistem imun tubuh yang dapat menurunkan kekebalan tubuh seseorang secara drastis.

Waspadai Demam Berdarah

Mengetahui bahayanya demam berdarah, setiap orang khususnya para orang tua sebaiknya untuk mewaspadai terhadap wabah virus dengue ini. Banyak cara untuk menghidari berkembangnya nyamuk pembawa virus tersebut. Berikut beberapa langkah sebagai bentuk dan sikap waspada dan pencegahan pada penyakit demam berdarah.

  • Hindari Genangan Air

Nyamuk Aedes Aegypti dikenal menyukai tempat-tempat yang bersih sebagai tempat berkembang biak. Langkah yang bisa dilakukan yakni dengan menghindari adanya genangan air bersih pada tempat atau wadah tertentu. Misalnya saja pada pot, ember, dan lain-lain. Jika tidak segera dibersihkan maka genangan air tersebut bisa menjadi sarang nyamun pembawa virus tersebut berkembang biak dan memungkinan menularkan virusnya.

  • Bersihkan Bak Air secara Rutin

Selain menghindari genangan air, tempat air sebaiknya rutin dibersihkan.Tempat tersebut juga bisa menjadi rumah bagi nyamuk Aedes Aegypti untuk berkembang biak. Dengan rutin membersihakannya atau dengan cara menguras bak penampungan air atau kolam dapat menghindari dan mengurangi nyamuk tersebut berkembang.

  • Tutup dan Balikan Wadah Tidak Terpakai

Selain membersihkan genangan air maupun bak air, langkah mudah yang dapat dilakukan yakni dengan menutup bak atau penampungan air agar nyamuk tidak bisa meletakan telurnya atau membalikan wadah-wadah kosong yang tidak terpakai agar tidak menimbulkan genangan air yang dapat menjadi tempat berkembangnya nyamuk tersebut.

  • Mengubur Barang Tak Terpakai

Jika memang memiliki barang-barang yang sudah tidak terpakai, ada baiknya untuk mengubur barang tersebut agar tidak menyebabkan genangan air sebagai tempat berkembang nyamuk maupun serangga lainnya.

  • Gunakan Obat Nyamuk

Untuk menghindari tergigit nyamuk terutama nyamuk Aedes Aegypti dan penyakit demam berdarah, sebaiknya untuk menggunakan lotion anti nyamuk ataupun obat nyamuk bakar atau elektrik. Baik pada malam hari maupun siang hari, karena nyamuk pembawa virus dengue ini justru berterbangan pada siang hari.

  • Letakan Tanaman Pengusir Nyamuk

Langkah terakhir untuk waspada demam berdarah adalah dengan meletakan jenis tanaman tertentu sebagai pengusir nyamuk. Beberapa tanaman yang bisa dipilih sebagai pengusir nyamuk alami yaitu bunga Lavender, Geranium, Rosemary, Akar Wangi, Serai dan lain-lain. Biasanya tanaman-tanaman tersebut memiliki bau yang tidak disukai nyamuk, sehingga nyamuk enggan untuk masuk ke lingkungan atau dalam rumah.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Waspadai Demam Berdarah Saat Menyerang"