Waspadai Gejala Awal Penyakit Jantung Koroner Paling Umum

Selain kanker, salah satu penyakit yang juga mematikan yaitu penyakit yang berkaitan dengan organ vital manusia yakni penyakit jantung. Jantung merupakan organ yang sangat penting pada tubuh manusia karena fungsinya sebagai pemompa darah dan mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. oleh karena itu, penting untuk selalu waspada gejala awal penyakit jantung koroner paling umum.

Mengetahui fungsinya yang sangat besar, sehingga kesehatan jantung menjadi hal yang utama yang harus diperhatikan. Mengingat penyakit jantung sangat berbahaya dan dianggap sebagai penyakit mematikan.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan gangguan pada jantung, yakni kebiasaan buruk yang tidak disadari, khususnya pada pola makan serta kurangnya aktifitas fisik seperti olah raga. Stess berkepanjangan juga bisa menjadi faktor penyebab penyakit jantung.Penyakit jantung koroner

Waspadai Gejala Awal Penyakit Jantung Koroner Paling Umum

Selain berusaha untuk hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat serta olah raga yang cukup. Penanganan yang cepat dapat meminimalisir resiko yang lebih besar. Untuk itu ada baiknya untuk waspada terhadap setiap gelaja yang dirasakan. Berikut beberapa gejala penyakit jantung untuk diwaspadai.

  • Nyeri Dada

Umumnya gejala yang sering dialami pada penderita penyakit jantung yaitu terasa nyeri pada dada. Namun nyeri dada tidak selalu diidentifikasi sebagai penyakit jantung, untuk itu perlu pemeriksaan lanjut dengan dokter. Nyeri dada pada seseorang yang terkena penyakit jantung diakibatkan karena adanya penyumbatan pembuluh arteri yang membuat darah tidak mengalir ke seluruh tubuh.

  • Sesak Nafas

Sesak nafas ataupun nafas yang pendek bisa jadi sebagai gejala awal terserang penyakit jantung. Hal ini juga diakibatkan karena terjadinya penyumbatan aliran darah ke seluruh tubuh yang terhambat. Oleh karenanya, hal tersebut dapat menyebabkan tidak teraturnya detak jantung.

  • Mudah Lelah

Perlu diperhatikan jika mengalami kelelahan meski tidak melakukan aktivitas yang menguras tenaga. Sama hal nya seperti gejala anemia, mudah lelah juga bisa menjadi indikasi terserang penyakit jantung. Energy terkadang akan sangat turun ketika seseorang mengalami penyakit jantung. Segera konsultasikan dengan dokter untuk memastikan kondisi tubuh.

  • Sakit Kepala

Sakit pada daerah kepala seperti pusing seringkali dianggap biasa. Namun jika hal ini terus terjadi, pastikan untuk segera memeriksakannya. Sakit kepala seperti pusing bahkan kehilangan kesadaran atau pingsan bisa menjadi salah satu gejala pada seseorang yang terkena penyakit jantung. Ini dikarenakan adanya kelainan pada irama atau denyut jantung seperti lebih lambat atau lebih cepat yang juga dikenal dengan istilah aritma.

  • Sakit Bagian Tubuh Tertentu

Pada gejala jantung, gejala awal yang biasa dirasakan seperti sakit atau nyeri pada dada. Hal ini bisa berlanjut pada seseorang yang terkena penyakit jantung, sakit akan menyebar ke beberapa bagian tubuh tertentu seperti pada leher, bahu, lengan, siku, atau perut. Bahkan bisa penderita penyakit jantung justru tidak merasa nyeri dada, hanya mengalami rasa sakit pada bagian-bagian tubuh yang lain.

  • Berkeringat Berlebihan

Selanjutnya, keringat berlebihan juga merupakan gejala awal penyakit jantung koroner paling umum. Tanda ini mungkin saja terjadi pada penderita penyakit jantung denga keluarnya keringat secara berlebihan meski tidak melakukan aktivitas berat apapun. Biasanya keringat dingin yang keluar yang bisa disertai dengan rasa mual dan pusing.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Waspadai Gejala Awal Penyakit Jantung Koroner Paling Umum"