Waspadai Gejala Penyakit Jantung Diusia Muda

Saat ini, penyakit jantung diusia muda sudah sering kita jumpai. Sangat salah jika kita berpikiran bahwa hanya orang tua atau orang yang sudah lanjut usia saja yang dapat terserang penyakit jantung. Kenyataannya, banyak juga para anak muda yang terserang penyakit mematikan ini. Sebagian dari mereka bahkan masih terlalu muda untuk menerima kenyataan bahwa jantung mereka tidak sehat. Salah satu penyebab penyakit jantung diusia muda adalah penerapan gaya hidup sehari-hari yang cenderung tidak sehat.

Waspadai Gejala Penyakit Jantung Diusia Muda

Adapun contoh gaya hidup anak muda yang tidak sehat sebagai penyebab datangnya penyakit jantung :

1. Merokok

Sudah banyak para ahli dan tokoh-tokoh terkemuka yang meneliti kandungan jahat dalam rokok yang mungkin telah anda ketahui sebagai pemicu datangnya serangan jantung. Selain jantung, paru-paru adalah organ lainnya yang mendapatkan efek buruk dari rokok. Maka dari itu, para anak muda sebagai generasi penerus bangsa harus turut andil dalam menjaga kesehatan, minimal menjaga kualitas jantungnya dengan memilih gaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan buruk. Berilah contoh yang baik kepada para kaum muda yang lain untuk berhenti merokok demi kesehatan tubuh mereka.

2. Tidak seimbangnya asupan gizi

Selain merokok, penyakit jantung diusia muda juga disebabkan karena tidak seimbangnya asupan gizi dengan rutinitas kerja anda yang terlampau berat. Apalagi jika hal tersebut hingga membuat anda stres dalam memikirkan beban hidup. Dengan demikian, kondisi tubuh tidak siap dengan segala sesuatu yang anda terima, sampai-sampai anda terpukul dan serangan jantung bisa datang dengan tiba-tiba. Karena itu, jagalah asupan gizi untuk tubuh anda setiap harinya agar segala proses kerja organ-organ dalam tubuh bisa bekerja secara optimal dan normal. Selain itu, jangan terlalu sering mengonsumsi makanan yang memiliki kadar lemak yang terlampau tinggi karena hal ini bisa menjadi salah satu penyebab penyakit jantung diusia muda.

3. Obesitas atau berat badan yang berlebih

Obesitas atau berat badan yang berlebih merupakan penyebab penyakit jantung diusia muda yang selanjutnya. Segala sesuatu yang berlebih tidak akan memberikan manfaat baik, melainkan justru dapat mendatangkan berbagai macam kerugian. Jadi, jangan sampai anda memiliki berat badan yang berlebih karena ini bisa meningkatkan risiko serangan jantung. Lebih baik jagalah tubuh anda agar tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk. Makanlah sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan sesuai dengan porsi yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Faktor keturunan

Yang berikutnya adalah faktor keturunan. Waspadalah jika ada anggota keluarga anda, khususnya jika orang tua anda mengidap penyakit jantung. Kemungkinan anda memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terserang penyakit yang sama. Jika sudah demikian, sebaiknya anda mulai menghindari faktor pemicu penyakit jantung sejak dini. Gaya hidup dan pola makan adalah hal utama yang harus diperhatikan. Jika perlu, anda bisa berdiskusi dengan ahli nutrisi ataupun dokter untuk mendapatkan program diet yang tepat.

Itulah beberapa penyebab penyakit jantung diusia muda. Sebagian besar orang yang terserang penyakit jantung sulit untuk diselamatkan. Sering kali kematian terjadi sebelum para pasien tiba di rumah sakit atau mungkin beberapa waktu setelah pasien tersebut terkena serangan jantung. Bahaya yang diakibatkan oleh penyakit jantung sangatlah fatal. Oleh karena itu, mari sayangi tubuh anda dengan membiasakan diri untuk hidup sehat dan menghentikan segala kegiatan yang sekiranya dapat merusak fungsi organ jantung. Berolahraga rutin sesuai kemampuan dan kondisi tubuh juga sangat dianjurkan. Jadilah remaja yang pandai mengatur kondisi tubuh dan psikis agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit jantung diusia muda.

Related Post

<============================================>
No Response

Leave a reply "Waspadai Gejala Penyakit Jantung Diusia Muda"