Waspadai Makanan Frozen Food yang Beredar di Pasaran

Frozen food atau makanan beku saat ini kian banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat. Penyajiannya yang mudah dan cepat membuat frozen food mejadi pilihan banyak orang, terutama bagi sebagian orang yang sibuk dengan pekerjaan. Namun, ada beberapa hal yang harus diwaspadai makanan frozen food yang beredar di pasaran.

Melihat hal ini, produsen frozen food kian meningkat. Beberapa makanan yang biasa dipilih sebagai frozen food seperti sayur, buah serta daging dan ikan. Meski makanan-makanan tersebut diketahui memiliki sejumlah kandungan yang baik bagi tubuh, namun bagaimanakah jika makanan tersebut telah dibekukan. Apakah kandungannya masih utuh atau justru mengandung bahan lain yang berbahaya.

Waspadai Makanan Frozen Food yang Beredar di PasaranHal ini lah yang kerap diabaikan sebagian orang. Anggapan bahwa frozen food seperti daging atau ikan merupakan makanan sehat bagi tubuh. Faktanya, melalui sebuah penelitan makanan yang dibekukkan cenderung memiliki kandungan zat penguat rasa yang cukup tinggi seperti sodium dan lemak.

Selain itu, frozen food juga mengandung natrium yang berbahaya bagi penderita hipertensi. Kandungan garam dan gula dalam makanan beku juga cukup tinggi sehingga sangat tidak baik bagi tubuh. Terutama zat pengawet yang tentunya ada pada makanan beku. Bahkan tak sedikit produsen nakal yang menggunakan pengawet berbahaya dalam jumlah yang tinggi.

Jika zat-zat berbahaya yang terdapat pada frozen food masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang banyak dan jangka waktu yang lama. Dapat dipastikan akan menimbulkan beragam masalah atau gangguan pada kesehatan tubuh. Oleh karena itu, setiap orang perlu waspada terhadap bahaya makanan beku yang dikonsumsi. Pilih makanan beku yang telah lulus BPOM sehingga aman untuk dikonsumsi dan sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsinya.

Waspadai Makanan Frozen Food yang Beredar di Pasaran

Berikut ini beberapa gangguan kesehatan atau penyakit yang perlu diwaspadai dari mengkonsumsi frozen food atau makanan yang dibekukan.

Kandungan garam dan sodium dalam frozen food diketahui cukup tinggi. Hal ini dapat berdampak pada meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh serta meningkatkan tekanan darah atau hipertensi.

  • Kegemukan

Selain garam, frozen food juga dianggap memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan karena makanan beku umumnya diawetkan oleh semacam karbohidrat yang dikenal dengan polimer glukosa. Selain mengawetkan, zat tersebut juga dapat menambah rasa dan tekstur pada makanan. Frozen food beresiko menyebabkan menyebabkan kegemukan lantaran polimer glukosa ini akan dicerna sebagai gula dalam tubuh. Jika frozen food dikonsumsi dalam jumlah besar akan membuat gula darah meningkat yang dapat menyebabkan diabetes.

  • Gangguan Pada Jantung

Frozen food umumnya diproduksi menggunakan lemak jahat yang berbahaya. Selain itu proses makanan beku yang separuh dimasak dapat menimbulkan lemak trans dan dapat meningkatkan kolesterol jahat dalm tubuh. Imbasnya, hal ini dapat meningkatkan gangguan kesehatan pada jantung seperti penyumbatan pembuluh arteri.

Anggapan bahwa makanan cepat saji dapat meningkatkan resiko kanker memang tidak salah. Pasalnya makanan instan bersifat karsinogenik yaitu memiliki zat pengawet. Hal ini juga terjadi pada makanan beku atau frozen food. Bahkan studi menyebutkan bahwa olahan frozen food khususnya daging dapat menyebabkan kanker pankreas. Oleh karena itu, mulai sekarang harus waspada terhadap makanan frozen food yang beredar di pasaran.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Waspadai Makanan Frozen Food yang Beredar di Pasaran"