Waspadai Minuman Berkarbonasi yang Berbahaya

No comment 1919 views

Minuman berkarbonasi atau yang lebih sering dikenal dengan minuman bersoda cukup banyak disukai oleh sebagian besar orang. Ini karena minuman satu ini mampu menyegarkan dahaga terutama di saat cuaca panas. Namun, sikap waspada juga diperlukan mengingat ada minuman berkarbonasi yang berbahaya.

Meski dianggap menyegarkan, namun perlu waspada terhadap masalah atau gangguan kesehatan yang diakibatkan dari mengkonsumsi minuman berkarbonasi atau minuman soda. Pasalnya sejumlah kandungan pada minuman ini memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Waspadai bahaya minuman berkarbonasiSebut saja gula atau pemanis buatan yang terkandung dalam minuman karbonasi dianggap cukup tinggi. Selain itu rasa asam yang ditimbulkan minuman karbonasi berasal dari zat asam yang dapat merusak gigi. Belum lagi zat fosfor yang dianggap tidak baik untuk pertumbuhan anak, karena dapat merusak kepadatan tulang anak.

Selain contoh kandungan diatas, masih banyak lagi kandungan yang menjadi faktor pemicu masalah kesehatan. Untuk itu, satiap orang khususnya para orang tua wajib waspada terhadap minuman yang tidak sehat ini yang mungkin kerap dikonsumsi anak-anak.

Waspadai Minuman Berkarbonasi yang Berbahaya

Untuk lebih waspada terhadap minuman bersoda ini, ada baiknya mengetahui sejumlah bahaya dan dampak negative minuman karbonasi tersebut. Simak beberapa masalah kesehatan atau penyakit yang disebabkan oleh minuman berkarbonasi.

Dinamai minuman berkarbonasi karena minuman ini terbuat dari gas karbondioksida. Oleh karena itu, mengkonsumsi minuman bersoda dapat membuat gas tambahan dalam sistem pencernaan sehingga membuat perut kembung dan bersendawa.

  • Kegemukan atau Obesitas

Seperti yang telah disampaikan diatas, bahwa minuman karbonasi ini memiliki kandungan gula serta kalori. Yang apabila dikonsumsi berlebih maka dapat menyebabkan kegemukan hingga resiko obesitas. Terutama karena gula tersebut berasal dari pemanis buatan yang akan sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh lainnya.

  • Resiko Diabetes

Selain menyebabkan kegemukan atau obesitas, resiko lainnya akibat gula atau pemanis buatan pada minuman berkarbonasi dapat beralih pada resiko yang lebih serius yakni penyakit diabetes. Ini disebabkan karena adanya penumpukan gula atau glukosa dalam tubuh yang tidak dapat diubah menjadi otot terutama bagi penderita diabetes. Oleh karenanya, gula darah meningkat tubuh meningkat dan menyebabkan diabetes.

  • Masalah Gigi

Zat gula tak hanya berdampak pada tubuh, melainkan dapat menimbulkan masalah pada gigi. Kerusakan gigi yang biasa terjadi akibat konsumsi minuman berkarbonasi. Selain itu, asam fostat dalam minuman soda diyakini dapat melarutkan kalsium gigi, oleh karen itu zat tersebut juga ikut memperburuk masalah atau kerusakan pada gigi.

  • Kerusakan Tulang

Asam fostat dalam minuman berkarbonasi yang diketahui sebagai zat pelarut kalsium, tidak hanya berdampak pada kerusakan gigi melainkan dapat membuat kerusakan tulang. Minumam karbonasi dapat membuat tulang rapuh dan keropos atau yang dikenal dengan istilah osteoporosis. Ini diakibatkan zat asam fostat tersebut yang melarutkan kalsium dalam tubuh yang seharusnya diserap oleh tulang.

Sejumlah kandungan pada minuman berkarbonasi seperti pemanis buatan, pewarna buatan serta asam fostat juga memberikan dampak negatif bagi kesehatan ginjal. Mengkonsumsi minuman soda jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan ginjal serta membuat penurunan fungsi ginjal. Hendaknya, kita harus waspada minuman berkarbonasi yang berbahaya yang beredar di pasaran.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Waspadai Minuman Berkarbonasi yang Berbahaya"