Waspadai Penyakit Liver dan Gejala-gejalanya

No comment 1100 views

Penyakit liver atau disebut juga dengan hepatitis merupakan penyakit yang menyerang hati. Penyakit ini juga dikenal sebagai penyakit yang serius dan berbahaya karena memiliki resiko yang besar akan kematian terutama pada penderita yang terlambat ditangani. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu waspada penyakit liver dan gejala-gejalanya.

Umumnya penyakit liver ini disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur yang masuk dan meracuni hati yang mengakibatkan peradangan atau pembengkakan pada hati. Kondisi tersebut biasa dikenal dengan hepatitis yang disebabkan oleh virus hepatitis, A,B,C,D atau E. Setiap virus memiliki perbedaan kondisi sakit yang dialami.

Penyakit Liver dan GejalaMisalnya, virus hepatitis A bisa mengakibatkan hepatitis akut, sedangkan virus hepatitis B dan C akan menyebabkan penderitanya mengalami penyakit liver atau hepatitis kronis yakni menahun.

Selain disebabkan virus, beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan terjangkit penyakit liver yakni karena faktor genetika atau keturunan, kelainan sistem kekebalan tubuh, obesitas, mengkonsumsi alkohol berlebih bahkan karena sebelumnya telah terjangkit kanker hati atau kanker saluran empedu.

Waspadai Penyakit Liver dan Gejala-gejalanya

Penyakit liver atau hepatitis dianggap sebagai pembunuh diam-diam karena gejala awal yang muncul terkadang sulit dideteksi karena tidak tampak serius. Gejala akan mulai dirasakan ketika penyakit ini sudah semakin parah menyerang hati.

Oleh karena itu mengapa setiap orang harus selalu waspada terhadap setiap serangan penyakit yang muncul khususnya penyakit liver yang sedikit sulit untuk dideteksi. Berikut ini beberapa gejala yang ditimbulkan dari penderita yang terkena penyakit liver untuk diwaspadai.

  • Kulit dan Mata Menguning

Bagi penderita yang terserang penyakit liver umumnya gejala awal yang muncul yaitu kulit dan mata nampak menjadi kuning. Hal ini diakibatkan kerena banyaknya bilirubin atau pigmen warna kuning dalam darah yang menumpuk sehingga kulit dan mata akan terlihat menjadi kuning. Bukan hanya itu, melainkan kuku juga terkadang ikut menguning.

  • Urine Berwarna Coklat

Setelah melihat kulit, mata dan kuku yang berubah warna menjadi kuning. Gejala lainnya yang harus diwaspadai yakni urine berubah wana menjadi lebih coklat layaknya air teh. Ini diakibatkan karena pigmen kuning banyak terbuang melalui urin sehingga membuat warna urin menjadi coklat.

  • Sakit Perut

Sakit perut yang cukup hebat serta terjadi secara tiba-tiba bisa menjadi salah satu gejala terserang penyakit liver. Terutama sakit yang terjadi di daerah hati yakni pada sisi kanan di bawah tulang rusuk.

Selain sakit perut, gejala lainnya yang muncul dari penderita liver yakni disertai dengan demam. Ini dikarenakan adanya luka atau peradangan pada hati yang menyebabkan suhu tubuh meningkat atau demam.

  • Kehilangan Nafsu Makan

Hampir sama seperti gejala dari penyakit lainnya yakni pada penderita penyakit liver juga akan menyebabkan hilangnya nafsu atau selera makan.

  • Mual dan Muntah

Merasa mual hingga muntah merupakan gejala lainnya yang mungkin diartikan sebagai gejala penyakit lain. Padahal gejala penyakit liver juga bisa menyebabkan rasa mual hingga muntah.

  • Kelehahan

Kelelahan atau mudah lelah bisa jadi sebagai pertanda atau gejala penyakit liver yang mengakibatkan penderitanya malas dan merasa kehilangan energi untuk sekedar beraktifitas.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Waspadai Penyakit Liver dan Gejala-gejalanya"