Waspadai Penyakit Musim Hujan

No comment 1147 views

Berbagai masalah umumnya muncul saat musim penghujan. Selain bencana banjir yang kerap melanda, musim penghujan juga memberikan dampak buruk atau masalah pada kesehatan. Terutama saat peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan sering dikatakan sebagai musim pancaroba. Oleh karena itu, waspadai penyakit musim hujan yang akan datang.

Musim pancaroba ini yang terkadang menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Umumnya hal ini dikarenakan daya tahan tubuh biasanya menurun, hingga mengakibatkan gangguan kesehatan.

Waspadai Penyakit Musim HujanMusim hujan identik dengan kondisi yang kotor, terutama jika banjir melanda. Beragam virus dan bakteri penyebab penyakit mudah berkembang. Oleh karena itu, beberapa penyakit dikatakan sebagai penyakit musimam karena kerap muncul saat musim tertentu.

Mengetahui hal ini, setiap orang ada baiknya untuk waspada terhadap setiap berbagai penyakit musimam yang muncul khususnya pada musim hujan.

Waspadai Penyakit Musim Hujan

Selain menjaga kebersihan lingkungan sekitar, daya tahan tubuh juga wajib dijaga agar tubuh tidak mudah terserang penyakit musiman yang datang. Berikut ini beberapa contoh penyakit musiman pada musim penghujan yang perlu diwaspadai.

  • Flue

Salah satu masalah kesehatan atau penyakit musiman yang kerap muncul yaitu flue. Musim penghujan atau pada konsisi pancaroba membuat sistem imunitas menurun sehingga menyebabkan tubuh mudah terserang virus flue yang disertai pusing dan demam. Oleh karena itu, ada baiknya saat musim penghujan menjaga asupan makanan sehat serta rutin berolah raga agar terhindar penyakit musiman satu ini.

  • Gatal-gatal

Musim hujan diketahui dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan kulit. Berbagai penyakit kulit biasanya muncul saat musim penghujan, misalnya kulit menjadi gatal-gatal. Hal ini biasanya disebabkan karena perubahan suhu yang cukup drastis, serta air yang terkontaminasi bakteri atau jamur penyebab gatal-gatal dan penyakit kulit lainnya.

  • Diare

Beberapa bakteri yang biasa berkembang pesat saat musim penghujan diantaranya Salmonella spp, E coli, Campylobacter jejui, Shigella dysentria serta Entamoba histolytic. Bakteri ini biasa menyerang lambung dan usus penyebab diare. Selain melalui makanan, bakteri tersebut juga dapat menyerang melalui udara.

  • Tifus

Virus atau bakteri penyebab flue dan diare yang tidak teratasi dengan baik karena daya tahan tubuh yang semakin menurun dapat menyebabkan resiko yang lebih serius yaitu penyakit tifus hingga bisa membuat penderita mengalami muntah-muntah.

Penyakit musiman satu ini merupakan penyakit yang cukup serius dan berbahaya karena dapat mengakibatkan kematian. Demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk jenis ini akan lebih mudah berkembang di saat musim penghujan. Perkembangan nyamuk ini biasa terjadi pada genangan-genangan air. Oleh karena itu, pada musim hujan pertumbuhan dan perkembangan nyamuk pembawa virus berbahaya ini semakin pesat.

  • Leptospirosis

Penyakit berbahaya lainnya pada musim penghujan yaitu Leptospirosis. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri leptospira sp yang biasanya terdapat pada kotoran tikus. Bakteri ini dapat menyebabkan penyakit kuning atau Leptospirosis. Gejala yang ditimbulkan yaitu demam tinggi disertai flue dan pegal linu hingga membuat kulit dan mata berubah warna menjadi kuning. Penyakit ini ditularkan akibat kontak dengan air maupun tanah yang terkontaminasi urin tikus. Sebagai antisipasi, selalu waspadai penyakit musim hujan yang turun

Related Post

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Waspadai Penyakit Musim Hujan"