Waspadai Penyakit Musim Kemarau yang Menyerang

Penyakit musiman tidak hanya melanda pada musim penghujan saja. Pada musim kemarau berbagai masalah atau gangguan kerap menyerang. Daya tahan tubuh yang menurun biasa terjadi pada kondisi pancaroba atau peralihan musim. Oleh karena itu, waspadai penyakit musim kemarau yang menyerang dengan cara meningkatkan kondisi tubuh.

Musim kemarau mengakibatkan sumber air bersih berkurang sehingga menyebakan jumlah debu meningkat dan udara kering. Kondisi lingkungan yang tidak sehat dapat menyebabkan sistem imunitas tubuh menurun serta menimbulkan beragam masalah kesehatan lainnya.

Beberapa penyakit musim kemarau yang harus diwaspadaiSelain itu, musim kemarau berkepanjangan juga biasanya berdampak buruk atau menimbulkan bencana lingkungan seperti kekeringan yang bisa menyebabkan kebakaran hutan.

Waspadai Penyakit Musim Kemarau yang Menyerang

Setiap orang wajib waspada terhadap penyakit musiman yang muncul. Baik itu musim penghujan atau musim kemarau, keduanya memiliki kerap menimbulkan beragam masalah pada kesehatan. Untuk lebih waspada saat musim kemarau, ada baiknya mengetahui beberapa jenis penyakit musiman yang muncul pada musim kering atau kemarau.

  • Infeksi Saluran Pernafasan

Penyakit yang kerap banyak dialami saat musim kemarau yaitu infeksi saluran pernafasan. Penyakit ini biasanya diakibatkan debu yang terbawa udara dan masuk pada saluran pernafasan sehingga mengakibatkan gangguan pada saluran pernafasan. Gejala yang ditimbulkan yaitu sakit tenggorokan, sakit kepala, batuk hingga sesak nafas atau asma

  • Flue

Udara yang kering juga kerap membawa virus influenza mudah masuk kedalam tubuh, ditambah dengan kondisi daya tahan tubuh menurun sehingga tubuh lebih mudah terinfeksi oleh virus tersebut. Biasanya penyakit flue disertai dengan demam tinggi, sakit kepala, batuk hingga muntah.

  • Sakit Mata

Tidak hanya menyerang tubuh, virus dan bakteri juga dapat menyerang mata khususnya pada saat musim kemarau masalah ini kerap terjadi. Sakit mata seperti gatal dan keluar banyak kotoran yang berwarna kuning pertanda bahwa mata telah terinfeksi virus atau bakteri tertentu. Ini juga dikarenakan udara yang kering dan berdebu.

  • Campak 3 Hari

Penyakit lainnya yang bisa muncul saat musim kemarau adalah campak 3 hari atau ada juga yang menyebutnya campak Jerman. Penyakit ini juga disebabkan karena menurunnya daya tahan tubuh. Campak ini hanya berlangsung selama 3 hari dan tidak berbahaya. Gejala yang muncul seperti ruam merah pada permukaan kulit, sakit tenggorokan saat menelan hingga demam tinggi.

  • Diare

Musim kemarau yang menyebabkan pasokan air bersih menjadi terbatas mengakibatkan kondisi lingkungan menjadi kurang bersih atau higienis. Padahal udara banyak membawa debu dan kotoran lainnya serta berbagai virus dan bakteri. Jika barang-barang atau makanan yang terkontaminasi beragam kotoran dan virus di udara yang kemudian dikonsumsi tanpa pencucian yang bersih maka kondisi ini menyebabkan penyakit diare.

  • Tifus

Tifus menjadi salah satu penyakit musim kemarau yang juga disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Penyakit ini biasanya ditandai dengan demam tinggi atau suhu tubuh meningkat. Bakteri Salmonella diketahui sebagai penyebab penyakit tifus. Bakteri ini dapat masuk ke dalam tubuh melalui mulut, lambung, usus kecil dan usus besar.

Related Post

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Waspadai Penyakit Musim Kemarau yang Menyerang"