Seribu Manfaat Wortel

No comment 2702 views

Wortel, Si Jingga Seribu Manfaat

Siapa yang tidak mengenal dengan wortel. Siapapun itu pasti pernah mengonsumsi wortel baik dalam bentuk makanan ataupun minuman. Wortel memiliki banyak kandungan yang tentunya berperan penting bagi kesehatan tubuh kita. Pada umbinya terdapat gula, karotin, pektin, aspargin, vitamin A, B, C, D, E, dan vitamin K, lemak, serat, kalsium, fosfor, besi, sodium, hidrat arang, asam amino, minyak esensial dan beta-karoten. Sayuran satu ini merupakan salah satu yang penting bagi kehidupan dengan seribu manfaat  wortel yang terkandung di dalamnya.

1.  Pencegah kanker

Manfaat lain dari wortel adalah mencegah risiko kanker. Kamu tahu sendiri jika insiden kanker secara keseluruhan meningkat setiap tahunnya yang paling banyak diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Kandungan beta karoten dan anti oksidan dalam wortel sangat ideal untuk menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Kandungan beta karoten yang ada pada wortel rata-rata 12.000 IU, sedangkan para ahli menganjurkan 15.000-25.000 IU per hari. Penelitian oleh National Cancer Institute saling mengaitkan kandungan tinggi dari beta-karoten dengan pencegahan kanker, karena sifat antioksidan yang terdapat dalam wortel dapat melawan kerja destruktif sel-sel kanker. Di samping itu beta karoten membantu sistem kekebalan tubuh yang menghasilkan ‘killer cell’ alam sehingga dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker yang tentunya berakibat buruk pada tubuh.

2. Kesehatan mata

Wortel mengandung beta-karoten dan Vitamin A yang ideal dengan khasiat untuk mencegah rabun senja, rabun jauh, katarak serta berkhasiat untuk merevitalisasi sel sel mata yang lemah. Penyakit ini sering terjadi pada orang tua, yakni cenderung mengalami rabun di waktu senja. Hal ini disebabkan oleh cahaya yang ada dapat mengurangi ketajaman mata untuk melihat ke luar. Solusi terbaik adalah melewati zat yang banyak mengandung vitamin A untuk kesehatan mata. Begitu pula dengan kandungan beta karoten yang membantu memperbaiki penglihatan yang semakin lemah. Semua kandungan tersebut hanya dapat kamu temukan pada wortel.

3. Penurun kadar kolesterol

Wortel memang memiliki seribu manfaat yang tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Wortel memiliki kandungan yang kaya antioksidan, dari beta-karoten hingga anthocyanindin. Kandungan inilah yang membuat wortel memiliki efek sebagai penurun kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat. Penelitian yang dilakukan oleh Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization Australia menemukan bahwa pria perokok aktif yang mengonsumsi jus wortel setiap hari selama tiga minggu berturut-turut dapat menurunkan oksidasi kolesterol jahat LDL. Penemuan ini juga sama telah dipublikasikan oleh Journal of American Dietetic Association.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Keistimewaan wortel yang lain adalah kandungan dari fiber atau serat yang tinggi, yang sangat penting untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan tubuh. Serat juga sangat baik untuk dikonsumsi saat diet, karena dapat membuat tubuh kenyang lebih lama. Serat yang tinggi yang tekandung pada wortel juga membantu jika terjadi gangguan penernaan seperti halnya peningkatan asam lambung atau dikenal dengan penyakit maag.

5. Perawatan kulit

Siapa kira bahwa wortel juga memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan kulit terutama pada kulit wajah. Kandungan vitamin A yang terdapat pada wortel dapat menjaga dan memelihara kesehatan kulit, karena kandungan ini akan membantu mengatasi kerusakan sel dan segala proses dari regenerasi kulit. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam wortel dapat mencegah berbagai masalah kulit seperti dermatitis, eksim, keriput bahkan ruam. Selain itu kandungan vitamin C yang terkandung, membantu dalam produksi kolagen yang meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah keriput.

Radikal bebas sangat berkaitan dengan kesehatan kulit. Adanya radikal bebas cenderung menjadi musuh bagi kulit. Wortel adalah juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas yang bisa saja merusak tubuh dari dalam. Konsumsi wortel yang rutin dapat menurunkan resiko tubuh terkena radikal bebas.

Related Post

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Seribu Manfaat Wortel"